Stabilitas Keuangan Terjaga

Tuesday 8 Oct 2013, 7 : 48 pm
by

JAKARTA-Stabilitas sistem keuangan tetap terjaga dengan dukungan ketahanan industri perbankan yang tetap solid di tengah berbagai tekanan. Rasio kecukupan modal (CAR/Capital Adequacy Ratio) tetap tinggi mencapai 17,89%, jauh di atas ketentuan minimum 8%, sedangkan rasio kredit bermasalah (NPL/Non Performing Loan) tetap terjaga rendah sebesar 1,99% pada bulan Agustus 2013.

Gubernur Bank Indonesia (BI),  Agus Martowardoyo mengatakan hasil stress testing baik dari sisi likuiditas, kredit maupun permodalan juga menunjukkan ketahanan industri perbankan yang kuat terhadap berbagai risiko seperti perlambatan ekonomi, kenaikan suku bunga dan depresiasi nilai tukar Rupiah.

Sementara itu, kata dia pertumbuhan kredit mulai menunjukkan perlambatan, meski pada Agustus 2013 masih cukup tinggi sebesar 22,2% (yoy). Pertumbuhan kredit terutama karena penarikan kredit dari komitmen sebelumnya, disamping pengaruh perhitungan nilai tukar, sementara komitmen kredit baru terus menurun. “Ke depan, bank sentral memperkirakan pertumbuhan kredit akan melambat seiring dengan kenaikan suku bunga, perlambatan permintaan domestik dan kebijakan makroprudensial yang ditempuh oleh BI,” kata dia..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK: Zakat Berperan Penting Dalam Mengurangi Kemiskinan

JAKARTA-Pemanfaatan agen Laku Pandai merupakan salah satu cara untuk mempermudah

Hanya Miliki 1 Paslon, Pilkada 4 Daerah Mundur ke 2017

JAKARTA-Hingga berakhirnya masa perpanjangan pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)