Sudah Dua Tahun Sejumlah Alat Berat Milik DPUPR Mangkrak

Friday 20 Apr 2018, 9 : 14 pm
by

DEPOK-Sembilan kendaraan alat berat, milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, mangkrak atau tidak dapat dioperasikan sejak sekitar dua tahun belakangan ini.

Kondisi bodi luar alat berat yang mangkrak tampak masih kokoh, namun secara umum dibiarkan seperti tak terawat. Dari sembilan alat berat yang mangkrak, sebanyak 8 diantaranya adalah berupa kendaraan tandem drum roller atau mesin gilas atau kendaraan untuk meratakan tanah, dengan jenis berbeda.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Manto Djorghi menuturkan dari sembilan alat berat yang mangkrak dan dimaksud satu alat berat berupa tandem drum roller atau mesin gilas, menurutnya dapat beroperasi.

Sementara delapan alat berat lainnya, Manto mengaku tidak dapat memastikan apakah kendaraan itu bisa dioperasikan atau tidak.

“Itu sebagian ada yang bisa beroperasi. Ada satu mesin gilas yang bisa beroperasi,” kata Manto, Jumat (20/4)

Ia mengaku belum dapat membeberkan kenapa sejumlah alat berat milik Pemkot Depok tersebut, mangkrak sudah selama 2 tahun ini dan terparkir di halaman samping kantornya. “Coba dikonfirmasi ke UPT Workshop,” kata dia.

Sementara satu kendaraan alat berat lainnya yang mangkrak adalah wheel loader yang biasanya berfungsi untuk mengeruk dan mengangkut material atau benda berukuran besar atau banyak, seperti tanah, agar mudah dipindahkan ke alat angkut lain.

“Rata-rata kerusakannya pada mesin atau sparepartnya. Jadinya sudah sekitar dua tahun ini, beberapa alat berat yang ada, gak bisa dioperasikan,” kata salah seorang petugas di Kantor Dinas PUPR Depok yang enggan menyebutkan namanya.

Menurutnya anggaran untuk perbaikan mesin kendaraan alat berat yang rusak tidak bisa dikucurkan begitu saja, karena terbentur sejumlah prosedur.

“Jadi untuk perbaikan mesin dan sparepart yang terpisah, agak sulit didapat anggarannya,” kata dia.

Sehingga mesti ada pergantian atau pembelian mesin baru, dan anggarannya cukup besar sehingga mesti diajukan lebih dulu dan memakan waktu cukup lama.

Pantauan lapangan sembilan alat berat yang mangkrak itu tampak terparkir di halaman samping Kantor Dinas PUPR Kota Depok, di Jalan Raya Bogor, KM 34,5, Jatijajar, Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jepang Sangat Menghargai Gaji Insinyur

JAKARTA-Hasil penelitian Negeri Sakura, yang dibeberkan melalui survei badan perdagangan

Warga Kabupaten Rembang Menolak PT. Semen Indonesia

JAKARTA-Puluhan ibu-ibu yang selama ini mendiami tenda perlawanan penolakan pabrik