Sukses di Jatim, IFC dan Syngenta Kembangkan Pelatihan Pedagang Eceran ke Skala Nasional

Thursday 16 Aug 2018, 1 : 35 pm
by
Rick Van der Kamp (Senior Operations Officer, IFC), Ernest Bethe III (Principal Operations Officer, IFC), Parveen Kathuria (President Director, PT Syngenta Indonesia), Fauzi Tubat (Commercial Area Head Sumatera & Indonesia Bagian Timur, Seeds Business PT Syngenta Indonesia).

JAKARTA- The International Finance Corporation (IFC), anggota Grup Bank Dunia dan PT. Syngenta Indonesia (Syngenta) siap mengembangkan program pelatihan pedagang eceran ke skala nasional setelah sebelumnya program ini sukses diterapkan di Jawa Timur.

Akademi pelatihan untuk pedagang eceran produk pertanian yang merupakan hasil kerja sama keduanya telah memberi manfaat kepada lebih dari 21.000 petani di Bojonegoro, Lamongan, Gresik dan Tuban, Jawa Timur.
Syngenta PartnerGrow Academy, yang bertujuan untuk meningkatkan manajemen bisnis dan ketrampilan konsultasi bagi pedagang eceran yang berhubungan dengan petani di Jawa Timur, kini siap untuk dikembangkan ke skala nasional.

“Program percontohan ini telah berhasil membantu pedagang eceran meningkatkan praktik manajemen bisnis mereka dan membantu pedagang eceran memberikan konsultasi yang tepat bagi para pelanggannya,” ungkap Presiden Direktur Syngenta Indonesia, Parveen Kathuria dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/8).

“Kini kami bersiap untuk mengembangkannya ke seluruh Indonesia,” tambahnya.

Syngenta PartnerGrow Academy yang diluncurkan pada bulan Mei 2018 ini menyediakan pelatihan manajemen bisnis skala kecil dengan topik-topik seperti mengelola hubungan dengan pelanggan, penjualan dan problem solving ini telah terbukti bermanfaat bagi petani.

Menurut hasil survey lapangan IFC pada petani yang merupakan sasaran layanan para pedagang eceran yang ikut serta dalam pelatihan.

Delapan puluh tiga persen petani yang disurvey menyatakan mendapatkan layanan dengan standar lebih tinggi dari pedagang eceran mereka, sementara enam puluh tiga persen menyatakan layanan pedagang eceran yang membaik tersebut membuat mereka menjalankan praktik pertanian baru.

“Survey yang kami lakukan terkait persepsi petani menunjukkan bahwa pedagang eceran yang ikut pelatihan ini dapat melayani pelanggan dengan lebih baik dan melakukan konsultasi menggunakan pendekatan penjualan yang konsultatif,” ungkap Principal Operation Officer di IFC, Ernest E. Bethe III.

Survey juga menunjukkan bahwa tujuh puluh tujuh prosen pedagang eceran telah mengalami peningkatan dalam praktik manajemen bisnis mereka sendiri, terutama dalam memecahkan masalah dan melayani para pelanggan mereka.

Kurikulum Syngenta PartnerGrow Academy yang meliputi pelatihan manajemen finansial dan strategi bisnis ini sejalan dengan strategi Syngenta, yaitu untuk secara aktif menjangkau basis pedagang eceran dan petani-petani pelanggan mereka. Program ini didukung oleh pemerintah Kanada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPD Usulkan Staf Desa Dijadikan PNS

RUTENG-Dewan Perwakilan Daerah  Republik Indonesia (DPD RI) mengusulkan agar para

Perlu Kajian Mendalam Sebelum BI Terbitkan Mata Uang Digital

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) akhirnya mengungkapkan rencana pembuatan mata uang digital