Survei BI: Konsumen Optimis Terhadap Perekonomian Indonesia

Tuesday 5 Apr 2016, 5 : 53 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa konsumen optimis terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Maret 2016 adalah sebesar 109,8 yaitu berada dalam level optimis, meski menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 110,0.

Keterangan tertulis Departemen Komunikasi BI menjelaskan penurunan IKK Maret 2016 tersebut terutama disebabkan oleh penurunan Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE), khususnya melemahnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga yang meningkat pada Juni 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat naik 7,0 poin menjadi 171,4. “Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi utamanya pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan perkiraan meningkatnya permintaan selama bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri,” jelasnya.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (September 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan tidak lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, kenaikan jumlah pinjaman 6 bulan yang akan datang juga diperkirakan tidak setinggi bulan sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Anak Usaha DOID dan Pemegang Surat Utang Senior 2026 Sepakati Perubahan Syarat dan Ketentuan

JAKARTA – Manajemen PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) mengumumkan

Kenaikan BBM Dorong Meningkatnya Inflasi November

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat inflasi November 2014 meningkat dibandingkan dengan