Survei BI: Maret 2020, Optimisme Konsumen Terjaga

Ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Maret 2020 menunjukkan optimisme konsumen masih terjaga pada level positif. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2020 yang tetap berada pada level optimis (di atas 100) yaitu sebesar 113,8, meski tidak sekuat optimisme bulan sebelumnya dengan IKK sebesar 117,7.

Keterangan tertulis Direktur Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menngatakan optimisme konsumen yang tertahan disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi kondisi ekonomi ke depan.

Menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terutama dipengaruhi oleh ketersediaan lapangan kerja yang lebih terbatas.

“Sedangkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tertahan akibat persepsi konsumen terhadap kondisi kegiatan usaha 6 bulan mendatang yang tidak sekuat persepsi konsumen pada bulan sebelumnya,” ujarnya.

Baca :  Semen Indonesia Terima Kredit Sindikasi Senilai US$100 juta

Hasil survei mengindikasikan pengeluaran konsumsi untuk 3 bulan mendatang (Juni 2020) diprakirakan masih terjaga. Hal ini tercermin dari indeks prakiraan konsumsi rumah tangga 3 bulan mendatang sebesar 165,5, relatif stabil dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya.

Tetap terjaganya pengeluaran konsumsi tersebut terutama didorong oleh permintaan yang diprakirakan meningkat pada bulan puasa Ramadhan dan perayaan Hari Raya Idulfitri.