Survei BI: Optimisme Konsumen Menguat di Desember 2019

ULN
ILustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Desember 2019 mengindikasikan optimisme konsumen menguat.

Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2019 yang meningkat menjadi 126,4, dari IKK pada bulan sebelumnya sebesar 124,2.

“Peningkatan optimisme konsumen tersebut terjadi merata pada seluruh kelompok pengeluaran,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko di Jakarta, Selasa (7/12).

Menurutnya, peningkatan optimisme konsumen didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan.

Perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini didorong oleh persepsi yang lebih baik terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan saat ini, dan pembelian barang tahan lama (durable goods).

Baca :  BI dan BNM Perkuat Kerjasama Keuangan dan Sistem Pembayaran

“Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang lebih baik dipengaruhi oleh ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja yang membaik,” jelasnya.

Konsumen memprakirakan tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (Maret 2020) meningkat. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 3 bulan yang akan datang meningkat dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya.

Peningkatan tekanan harga tersebut dipengaruhi oleh ekspektasi konsumen terhadap penyesuaian harga pada kelompok administered prices.

“Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan yang akan datang (Juni 2020) diprakirakan meningkat seiring dengan harga yang masih tinggi pasca Idulfitri,” pungkasnya.