Survei BI: Optimisme Konsumen Meningkat

Wednesday 6 Jun 2018, 6 : 39 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen meningkat pada Mei 2018. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2018 sebesar 125,1, lebih tinggi dibandingkan dengan 122,2 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunukasi BI, Agusman menjelaskan keyakinan konsumen yang lebih tinggi didorong oleh peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) khususnya Indeks Penghasilan dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama.

“Hal ini didorong oleh adanya Tunjangan Hari Raya (THR) dan menyambut Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sedikit menurun dari bulan sebelumnya terutama disebabkan oleh melemahnya ekspektasi kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang.

Hasil survei juga mengindikasikan penurunan tekanan inflasi pada 3 bulan mendatang (Agustus 2018) dari bulan sebelumnya. Hal itu tercermin pada Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 180,0, lebih rendah dari 183,6 pada bulan sebelumnya.

“Konsumen memperkirakan menurunnya tekanan kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh normalnya kembali permintaan pasca Hari Raya dan terjaganya pasokan barang, baik makanan maupun nonmakanan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Puan Maharani, PDIP, Ketua DPR RI, Cucu Bung Karno

Puan Akan Cek Harga Sembako Hingga Resmikan Program Air Bersih di Jateng

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani akan melakukan kunjungan kerja selama

Demi Perbaikan, DPR Desak Evaluasi Lagi Direksi RNI

JAKARTA-Kementerian BUMN didesak berani mengevaluasi lagi jajaran Direksi PT Rajawali