Survei BI: Optimisme Konsumen Tetap Terjaga di Maret 2019

Friday 5 Apr 2019, 8 : 59 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Maret 2019 menunjukkan optimisme konsumen tetap terjaga. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2019 yang tetap berada pada level optimis (di atas 100) yaitu sebesar 124,5, meski sedikit lebih rendah dari 125,1 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan optimisme konsumen yang tetap terjaga ditopang oleh persepsi konsumen terhadap kondisi saat ini yang tetap kuat dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang yang tetap tinggi.

“Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) ditopang oleh persepsi terhadap penghasilan saat ini yang membaik,” jelasnya.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) tetap tinggi didukung oleh perkiraan konsumen terhadap kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang akan membaik. Meskipun tetap pada level optimis, IKE dan IEK lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan meningkat dalam 3 bulan mendatang (Juni 2019), terutama dipengaruhi oleh peningkatan permintaan barang dan jasa saat periode Idul Fitri.

“Sementara itu, tekanan harga dalam 6 bulan (September 2019) mendatang diperkirakan menurun didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi rumah tangga dan semakin lancarnya distribusi barang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Irwansyah Jadikan Pangkalpinang Sebagai “Smart City”

JAKARTA-Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang segera menerapkan aplikasi smart city dengan

Kesejahteraan Rakyat, Kunci Ganjar-Mahfud Sat Set Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi 8%

JAKARTA-Politisi PDI Perjuangan Aria Bima mengatakan, kesejahteraan rakyat menjadi kunci