Survei BI: Penjualan Eceran Juni 2024 Diprakirakan Meningkat

Tuesday 9 Jul 2024, 11 : 14 pm
by
penjualan eceran
etalase penjualan eceran

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat kinerja penjualan eceran pada Juni 2024 diprakirakan meningkat.

Hal ini tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Juni 2024 yang mencapai 232,8 atau secara tahunan tumbuh 4,4% (yoy).

Asisten Gubernur BI, Erwin Haryono menjelaskan meningkatnya penjualan eceran didorong oleh Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, Subkelompok Sandang, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan tumbuh 2,1% (mtm), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya yang mengalami kontraksi.

Peningkatan tersebut didorong oleh Subkelompok Sandang, Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau, sejalan dengan peningkatan aktivitas saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Iduladha dan periode libur sekolah.

Baca juga :  BI Upayakan Turunkan NIM

Pada Mei 2024, IPR tercatat sebesar 228,1 atau secara tahunan tumbuh 2,1% (yoy), meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Peningkatan didorong oleh Subkelompok Sandang, Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau, serta Suku Cadang dan Aksesori.

Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan mengalami kontraksi sebesar 3,5% (mtm) sejalan dengan normalisasi aktivitas masyarakat pasca-HBKN Idulfitri. Kontraksi lebih dalam tertahan oleh beberapa kelompok yang masih tumbuh positif, yaitu Kelompok Suku Cadang dan Aksesori serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Forkoma PMKRI: Kerukunan Terwujud Jika Kita Satu Bangsa

PEKANBARU-Mewujudkan kerukunan antar umat beragama merupakan subtansi sikap Gereja Katolik

5G Mempercepat Visi Indonesia Emas 2045

JAKARTA – Ericsson (NASDAQ: ERIC)  meresmikan roadshow Ericsson Imagine Live