Survei Konsumen April 2018 : Optimisme Konsumen Menguat

Friday 4 May 2018, 8 : 53 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan optimisme konsumen yang menguat pada April 2018 dibandingkan dengan periode sebelumnya. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2018 yang meningkat 0,6 poin dari bulan sebelumnya menjadi 122,2.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman menjelaskan peningkatan optimisme konsumen tersebut didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan terjaganya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Kenaikan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha 6 bulan yang akan datang.

Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat stabil didukung membaiknya penghasilan konsumen saat ini dan tetap kuatnya pembelian barang tahan lama.

“Hasil survei juga mengindikasikan menurunnya tekanan harga 3 bulan mendatang (Juli 2018),” terangnya.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 183,6, lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 184,4.

“Ekspektasi menurunnya tekanan harga tersebut terutama dipengaruhi oleh kembali normalnya permintaan barang dan jasa pasca Idul Fitri,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Intan: Iuran BPJS Kesehatan Naik, Bentuk Kebijakan Yang Tidak Pro Rakyat

JAKARTA- Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) mengeritik keras kebijakan pemerintah

Presiden Tunjuk Sri Mulyani Jadi Menkeu

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menunjuk Managing Director Bank Dunia Sri Mulyani