Survei: Optimisme Konsumen Terjaga di Oktober 2018

Monday 5 Nov 2018, 6 : 26 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2018 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen tetap terjaga. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2018 yang tetap berada dalam zona optimis (di atas 100) yakni 119,2, meski tidak setinggi IKK bulan sebelumnya yang sebesar 122,4.

Demikian keterangan tertulis Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, AGusman di Jakarta, Senin (5/11).

Tetap terjaganya optimisme konsumen terutama ditopang oleh terjaganya ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan. Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tetap tinggi, ditopang ekspektasi penghasilan pada 6 bulan mendatang. Meski demikian, lebih rendahnya IKK terutama dipengaruhi oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini yang cenderung menurun. Penurunan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) terdalam terjadi pada persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini.

Tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang diperkirakan sedikit menurun dibandingkan bulan sebelumnya, didukung oleh persepsi positif konsumen terhadap ketersediaan barang dan jasa yang terjaga dan stabilnya harga BBM Subsidi. Hasil survei juga menunjukkan ekspektasi konsumen terhadap tekanan harga akan terus mengalami penurunan pada 6 dan 12 bulan mendatang, seiring distribusi barang yang lancar dan meningkatnya ketersediaan barang, terutama kebutuhan pokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Remaja SMP Kena Hipnotis, Pelaku Gasak Honda Vario

TANGERANG-Seorang pelajar SMP berinisial WAS, menjadi korban hipnotis saat berkendara
Kinerja positif ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak dalam upaya melakukan pengendalianpandemi Covid-19 di Indonesia.

Sektor Manufaktur Tetap Tumbuh Saat Dihantam Pandemi

JAKARTA-Industri manufaktur di tanah air masih mencatatkan performa positif pada