Survei SMRC: 57% Warga DKI Jakarta Nilai Anies Baswedan Gagal Tegakkan Aturan PSBB

Thursday 26 Nov 2020, 8 : 46 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan sekitar 49% warga tahu adanya acara resepsi pernikahan dan Maulid Nabi yang diselenggarakan oleh Muhammad Rizieq Shihab (MRS).

“Di antara yang tahu acara tersebut, sekitar 57% setuju dengan pendapat bahwa Gubernur DKI Jakarta telah gagal menjalankan aturan PSBB secara adil kepada semua warga DKI Jakarta tanpa memandang etnis, agama, atau golongannya,” ujar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas Ph.D, ketika memaparkan temuan survei SMRC bertajuk “Sikap Publik Nasional terhadap FPI, MRS, dan Respons Pemerintah” pada Kamis, 26 November 2020, di Jakarta.

Survei SMRC dilakukan melalui wawancara per telepon pada 18-21 November 2020 dengan melibatkan sampel sebanyak 1201 responden yang dipilih secara random.

Margin of error survei diperkirakan +/-2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei SMRC juga menunjukkan bahwa mayoritas dari warga yang tahu acara MRS memandang pemerintah layak bertindak tegas terhadap acara pernikahan putri MRS dan maulud Nabi yang dihadiri ribuan pengikut MRS dengan tidak menerapkan protokol kesehatan (memakai masker dan menjaga jarak) secara ketat.

Dari total 49% warga yang tahu acara tersebut, mayoritas (77%) setuju seandainya aparat keamanan membubarkan acara itu dengan alasan Covid-19. Yang tidak setuju 17%, dan yang tidak menjawab 6%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

GN2B Siap Perang Hadapi Penghujat Ketum MUI

JAKARTA-Mencermati perkembangan sosial dan politik akhir-akhir, khususnya terkait dengan penghinaan,

Konfigurasi TNI dan Proporsi Polisi Dalam Terorisme

Oleh: MH Said Abdullah Dalam Undang-undang 34/2004, TNI berperan sebagai