Survey SMRC: 80% Warga Setuju Pemerintah Terapkan Normal Baru

Thursday 25 Jun 2020, 10 : 11 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Mayoritas warga di Indonesia yang mengetahui adanya kebijakan Normal Baru, 80%, setuju pemerintah memulai kebijakan transisi menuju Kehidupan Normal Baru walau kasus penularan Covid-19 belum menurun.

Sementara yang tidak setuju ada 15%.

Lebih spesifik lagi, 92% setuju dengan kebijakan pemerintah yang telah melonggarkan aturan bekerja di luar rumah.

Demikian juga, 93% setuju dengan kebijakan pemerintah yang telah melonggarkan aturan penggunaan tempat ibadah; dan 90% setuju dengan kebijakan pemerintah yang telah melonggarkan aturan penggunaan transportasi umum.

Warga Indonesia yang mengetahui adanya kebijakan Normal Baru itu sendiri mencapai 81% dari keseluruhan warga Indonesia.

Temuan tentang dukungan mayoritas warga terhadap kebijakan Normal Baru itu dipaparkan oleh Direktur Komunikasi Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Ade Armando, dalam webinar rilis survei SMRC bertajuk “Kondisi Ekonomi Masa Covid-19 dan Respons Kebijakan: Opini Publik Nasional” pada 25 Juni 2020.

Survei dilakukan melalui wawancara per telepon pada 1978 responden di seluruh Indonesia (dengan margin of error 2,2%) pada 18-20 Juni 2020.

Sejak akhir Maret, secara rutin setiap pekan SMRC melakukan survei nasional untuk memahami kondisi warga di Indonesia semasa Pandemi, seberapa efektif langkah-langkah bantuan sosial pemerintah, respons warga terhadap kebijakan pemerintah, serta optimisme optimisme warga untuk pemulihan ekonomi ke depan.

Menurut Ade, dukungan warga terhadap langkah Normal Baru ini nampaknya berkorelasi dengan pandangan warga tentang kondisi ekonomi.

Sekitar 85% merasa keadaan ekonomi nasional sekarang lebih buruk dibanding tahun lalu.

Survei juga menemukan, 71% warga merasa kondisi ekonomi rumah tangganya sekarang lebih buruk atau jauh lebih buruk dibanding sebelum ada wabah Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bu Mega: Kekuasaan Itu Enak, Tapi Kita Jangan Lupa Daratan

JAKARTA-Ketua Umum Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan refleksi soal

Masa Tenang Kampanye, Ganjar Ngopi Bareng Cak Lontong di Warung Kaki Lima Semarang

SEMARANG-Mengisi masa tenang kampanye, Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar