Survey SMRC, Demokrat Rangking Pertama Korupsi

Sunday 3 Feb 2013, 6 : 33 pm
by

JAKARTA-Partai Demokrat (DP) dinobatkan sebagai partai terkorup  versi survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Hasil survey menyebutkan, sebanyak 44,8 persen dari 1.220 responden menilai kader  partai berlmbang mercy ini paling banyak melakukan korupsi, disusul Golkar sebanyak 6.5%, PDI Perjuangan 2.4%, PKB 0.8%, Gerindra 0.7%, PAN 0.5%, PPP 0.4%, PKDI 0.2%, PKS 0.2% dan lainnya.

Hal tersebut dikatakan Direktur Riset SMRC, Jayadi Hanan saat pemaparan hasil survei SMRC bertajuk ‘Kinerja Pemerintah dan Dukungan Pada Partai: Trend Anomali Politik 2012-2013’ di  Hotel Sari Pan Pacific Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (3/2).

“Dalam sebuah survei nasional pada 2012, kader Demokrat dinilai banyak melakukan korupsi,”kata Jayadi.

Pada 2011-2012, skandal korupsi yang menyeret kader-kader demokrat mulai mengemuka.

“Terutama sejak pertengahan 2011 ketika Nazaruddin, mantan bendahara Demokrat ditangkap di Columbia dan mendapat perhatian dari media massa,”imbuhnya.

Terlebih dengan disebutnya nama-nama petinggi Demokrat oleh Nazaruddin semisal Ketua Demokrat Anas Urbaningrum terkait korupsi Wisma Atlit dan proyek Hambalang semakin membuat partai ini dinilai kadernya paling terkorup.

“Bila masalah opini ini tak tertanggulangi pada 2013 maka Demokrat akan semakin merosot, atau setidaknya sulit untuk pulih dari keterpurukanya sekarang,”cetusnya.

Korupsi kader-kader Demokrat ini pula yang membuat publik menutup mata atas prestasi Presiden SBY yang juga Ketua Dewan Pembina Demokrat, yang padahal kinerjanya mulai dinilai naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Belanja Hibah Perlu Dievaluasi Agar Tepat Penerapan

JAKARTA-Sekretaris FPKB DPR RI Jazilul Fawaid mendesak Menteri Dalam Negari

Kepala BRG: Restorasi Gambut Tidak Meminggirkan Masyarakat

JAKARTA-Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah