Swasta Investasi Rp489 Miliar, PUPR Fasilitasi Proyek SPAM Kota Dumai

Thursday 18 Apr 2019, 10 : 22 pm

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong meningkatnya akses air minum melalui jaringan perpipaan khususnya di kawasan perkotaan.

Investasi swasta melalui Skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) menjadi inovasi pembiayaan untuk mengatasi tingginya biaya investasi pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Salah satu fasilitasi yang dilakukan Kementerian PUPR adalah KPBU antara PDAM Tirta Dumai Bersemai dengan PT. Dumai Tirta Persada dalam pengembangan SPAM bagi 101.500 jiwa atau 20.300 sambungan rumah (SR) di 4 kecamatan di Kota Dumai, Provinsi Riau.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Kerja Sama Pengembangan SPAM Kota Dumai antara PT Dumai Tirta Persada dengan PDAM Tirta Dumai Bersemai telah dilakukan di, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penandatanganan disaksikan oleh Wali Kota Dumai Zulkifli AS, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Eko Djoeli Poerwanto, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Mohammad Zainal Fatah, Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo dan Kepala Sekretariat BPPSPAM Muhammad Sundoro.

“Kerja sama ini merupakan upaya Kementerian PUPR dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah tanpa harus membebani pendanaan dari APBN/APBD,” kata Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga dalam siara persnya di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Menurut Danis, keberhasilan PDAM kota Dumai dapat dijadikan contoh bagi Pemerintah Daerah dan PDAM lain yang masih memiliki kinerja ”sakit” namun memiliki kemampuan untuk melihat potensi ekonomi wilayahnya. “Sehingga dapat menarik badan usaha swasta berinvestasi melakukan kerjasama pembangunan infrastruktur SPAM untuk memperluas cakupan pelayanan air minum tanpa menggunakan dana APBN,” tambahnya

Pada 2018, dari 391 PDAM yang ada di Indonesia, sebanyak 223 PDAM (57%) berkinerja sehat, 99 PDAM (25%) kurang sehat, 52 PDAM (13%) berkinerja sakit, dan 17 PDAM (5%) belum dinilai kinerjanya. PDAM Tirta Dumai Bersemai milik Pemerintah Kota Dumai termasuk PDAM kategori sakit.

PT Dumai Tirta Persada, selaku badan usaha pengelola yang dibentuk oleh pemenang lelang, yakni Konsorsium PT Adhi Karya dan PT Adaro Tirta Mandiri akan membiayai pembangunan unit air baku berkapasitas 500 liter/detik, unit produksi berkapasitas 450 liter/detik dan pembangunan sebagian jaringan distribusi yang kemudian akan dikelola oleh PDAM Tirta Dumai Bersemai.

Total investasi yang dikeluarkan badan usaha sebesar Rp 489 miliar yang seluruhnya merupakan investasi tanpa adanya dana dukungan dari anggaran Pemerintah.

Dalam pembangunan infrastruktur air bersih tersebut Kementerian PUPR melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) telah mendukung sejak awal dengan memberikan fasilitasi penyiapan rencana kerja sama, proses pengadaan Badan Usaha hingga penyiapan perjanjian kerjasama.

BPPSPAM juga mendampingi PDAM Tirta Dumai Bersemai selaku PJPK agar proses kerja sama dapat terselenggara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Di Provinsi Riau, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan bagi pembangunan SPAM Regional Durolis untuk memberikan air curah bagi Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Bengkalis.

Kementerian PUPR berharap Pemerintah Kota Dumai dapat melakukan sinergi dalam rencana penyerapan air curah dari SPAM Regional Durolis dan KPBU SPAM Kota Dumai yang akan dibangun.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS berharap pembangunan kontruksi SPAM Kota Dumai dapat segera selesai, sehingga dapat memenuhi layanan air minum sebesar 35 % dari perkiraan jumlah penduduk Kota Dumai pada tahun 2023.

Zulkifli juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah banyak mendukung Pemerintah Kota Dumai memperluas cakupan layanan air minum kepada masyarakat, baik melalui program fasilitasi pendampingan KPBU, pembangunan SPAM Regional Durolis dan NUWAS yang merupakan program hibah pembangunan infrastruktur dari bank dunia.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensinergikan dan mengintegrasikan semua program yang telah diberikan untuk kemajuan ekonomi Kota Dumai dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Zulkifli. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah: Informasi Soal Utang Jadi Amunisi Bagi Oposisi Memprovokasi Masyarakat

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah mengatakan utang pemerintah
Menhan Prabowo Subianto (ketiga dari kanan) didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (ketiga dari kiri) saat melakukan kunjungan kerjanya di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (24/1/2023)/Sumber Foto: Kompas.id

Prabowo Subianto: Saya Kok Banyak Setuju Dengan Pak Ganjar

JAKARTA-Pada sesi kedua debat calon presiden (capres) hari ini, Prabowo