Swiss Kucurkan 40 Juta Dolar Untuk Petani Kakao

Wednesday 18 Nov 2015, 12 : 52 pm
Ilustrasi

JAKARTA-Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapkan pemerintah swiss telah membantu sekitar US$40 juta untuk membantu pengembangan petani kakao di Sulawesi Tenggara. “Swiss tertarik membantu petani kakao, karena kualitas kakao di sana cukup bagus. Kerjasama bidang pertanian ini mendapat perhatian yang cukup tinggi,” katanya di usai menerima delegasi Senat Swiss, di ruang Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Rabu (18/11/2015).

Menurut Zulkifli, kerjasama ini dilakukan antara Lembaga Swisscontact dengan pemerintah daerah, khususnya Sulawesi Tenggara. “Mereka juga tertarik membantu petani kakao di Sumatera,” ucapnya.

Selain pengembangan kakao, Zulkifli juga mendorong agar Pemerintah Swiss juga lebih banyak menginvestasikan dananya ke sektor lainnya.

Sementara itu, Ketua Senat Swiss, Claude Heche menegaskan kerja sama dalam bidang pertanian kakao sudah berjalan dengan baik. “Kita merasa senang sebab kerja sama dalam bidang pertanian kakao ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah maupun petaninya sendiri,” ujarnya.

Heche mengatakan pada tahun selanjutnya antara 2017 dan 2020, Swiss akan membantu petani Indonesia sebanyak 130.000 orang. **aec

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Gelar Program Pendidikan Pengawasan Makroprudensial

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus D.W. Martowardojo meresmikan Pembukaan Program

Optimalkan Food Expo 2022, BNI Boyong Rempah ke Pasar Hong Kong  

HONG KONG-Potensi produk rempah dan makanan Indonesia di pasar Hong