Tak Ada Parpol Capai 20% di Pemilu 2014

JAKARTA-Kompetisi partai politik untuk memenangkan pemilu 2014 makin sengit. Namun diyakini tidak ada satu partai politik yang bisa mencapai 20%. “PDI Perjuangan saja, saya perkirakan hanya mampu mencapai 14,5% dan tidak akan sampai 20%,” kata budayawan Ridwan Saidi dalam diskusi “Hari Pahlawan” di Jakarta, Senin,(11/11).
Menurut Ridwan, PDI Perjuangan tak bisa sesukanya jualan Jokowi pada pemilu 2014. Pada saatnya, Jokowi akan turun nilainya. Sehingga berdampak pada partai. “Partainya akan juga semakin merosot,” tuturnya.
Alumnus FISIP UI ini membagi sejumlah partai politik menjadi tiga kategori, partai eksklusif, yakni PDI Perjuangan. Hal ini karena posisi parpol ini tidak condong ke kiri dan kanan. Kedua, Partai Islam yang terdiri dari lima partai, yakni PKS, PAN, PKB, PPP dan PBB. Ketiga, partai masa kini, yakni Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra dan Hanura.
Lima partai politik islam ini, sambungnya, bisa meraih total suara hingga  28%. “Karena Hilary Clinton sendiri menyatakan demokrasi di Indonesia harus bisa bergandengan tangan dengan parpol Islam. Sedangkan partai masa kini hanya meraih sekitar 15%-18%,” terangnya,” paparnya. **cea