Tak Ada Rencana Akuisisi Bank, ASII: Dana Penjualan BNLI untuk Pekuat Neraca

Monday 24 Aug 2020, 6 : 46 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-PT Astra International Tbk (ASII) menegaskan, perolehan dana dari penjualan saham di PT Bank Permata Tbk (BNLI) sebesar Rp16,83 triliun akan dimanfaatkan untuk memperkuat neraca keuangan perseroan, sehingga hal ini sekali menampik kabar terkait rencana ASII yang dalam jangka pendek akan mengakuisisi bank.

Penegasan tersebut seperti disampaikan Presiden Direktur ASII, Djony Bunarto Tjondro saat perseroan melaksanakan Public Expose Live 2020 yang difasilitasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (24/8).

“Proceed dari PermataBank diprioritaskan untuk memperkuat neraca keuangan,” ujar Djony.

Dengan demikian, jelas Djony, dana hasil penjualan saham ASII di BNLI kepada Bangkok Bank Public Company Limited tersebutnl tidak akan dimanfaatkan untuk mengakuisisi bank.

Namun, lanjut dia, jika ke depannya ada peluang yang lebih baik untuk mengakuisisi bank, maka ASII akan memanfaatkan peluang itu.

Terkait dengan strategi perseroan di tengah kondisi pandemi Covid-19, menurut Djony, ASII akan menerapkan strategi jangka pendek dengan mengkaji besaran jumlah belanja modal (capex) yang disesuaikan dengan kebutuhan prioritas.

“Kami juga akan melihat biaya-biaya operasional dan mengamankan sisi cash perseroan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur ASII, Suparno Djasmin menyampaikan, Astra International sudah melakukan restrukturisasi, khususnya dilakukan oleh perusahaan yang membiayai pembelian mobil dan sepeda motor.

“Hingga Juli 2020, restrukturisasi sudah satu juta account senilai Rp30 triliun,” ujar Suparno.

Dia mengatakan, puncak permintaan restrukturisasi terjadi pada April dan Mei 2020, namun sejak awal Juni mengalami slowing down.

“Pada Juli 2020, restrukturisasi sudah sangat kecil sekali dan dari yang satu juta account tersebut, sebagian sudah kembali membayar angsuran secara normal,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Rano Tetap Semangat Pantau Perkembangan Banten

JAKARTA-Kondisi kesehatan Gubernur Banten, Rano Karno mulai membaik setelah sebelumnya
, nominal transaksi penjualan tersebut didapat dari 1.544 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan 2.480 produk yang terlibat.

Transaksi BOE PKS Depok Capai Rp110 Juta

DEPOK-Business Opportunity Expo (BOE) virtual yang diselenggarakan 21-24 Oktober 2021