Tanpa Bayaran, Artis Dukung Basuki-Djarot

Monday 2 Jan 2017, 12 : 46 pm
by
Ahok dan Djarot mendatangi markar Grup Band Slank di Gang Potlot

Pernahkah gak denger teriakan Allahu Akbar

Pake peci tapi kelakuan barbar

Ngerusakin bar orang ditampar-tampar

(Gossip Jalanan – Slank)

Lagu Slank ini merupakan bentuk protes tentang seseorang yang mengaku beragama justru malah menyebarkan keonaran dan kebencian.

Kritik sosial memang selalu diselipkan oleh Slank untuk menggambarkan keadaan Indonesia di setiap lagunya.

Kepedulian Slank terhadap masalah sosial ini, sehingga mengantarkan grup band papan atas ini “turun gunung” untuk membantu dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur Petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Kasus penistaan agama yang dituduhkan kepada Basuki Tjahaja Purnama memang membuatnya banjir dukungan dari berbagai kalangan.

Tidak hanya dari warga DKI Jakarta, artis, tapi juga dari berbagai daerah bahkan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Semenjak dibukanya Rumah Lembang sebagai rumah pengaduan dan dukungan warga terhitung ratusan orang mendatangi rumah yang beralamat Jl. Lembang No. 25, Jakarta Pusat.

Begitu juga partisipasi sumbangan yang terkumpul dari para penyumbang dana patungan Ahok-Djarot.

Sosok Basuki Tjahaja Purnama sebagai seorang pekerja keras, anti korupsi, dan lurus, membuat banyak orang bersimpati kepada pasangan nomor urut dua ini.

Salah satu alasan ini yang membuat penyanyi Marcell dan Once yang mengakui kedatangannya di Rumah Lembang dilakukan karena rasa kagum dan respek yang besar kepada Ahok.

Dia juga menilai Ahok sebagai sosok yang membawa perubahan.

“Selain kagum dan respek, saya lihat Pak Ahok adalah sosok pekerja keras dan mau mengulurkan tangan untuk membantu orang lain. Kerja keras itu bisa membawa perubahan dan saya suka perubahan,” ungkap Marcell.

Once juga merasakan perubahan yang terjadi setelah lingkungan tempat tinggalnya di Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan tidak lagi dilanda banjir, semenjak Joko Widodo (Jokowi) dan Ahok menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Ada kekhawatiran banjir akan datang lagi. Tapi ternyata, kok tidak datang-datang banjirnya. Ini kemajuan yang harus kita apresiasi. Saya pikir ini prestasi Pak Ahok. Sukses untuk Pak Ahok,” ujar Once.

Kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama memang sangat terasa di segala sisi Jakarta.

Seperti yang diungkapkan Astrid yang mengapresiasi program Pemprov DKI setelah dirinya pulang dari Inggris.

“Sekarang di Kemanggisan di depan rumah saya ada taman. Saya tanya, pak RT yang bangun? Tapi ternyata itu RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) dari Pemprov,” kata Astrid di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Jumat (18/11).

Sekitar 50-an orang artis yang datang ke Rumah Lembang dari Tompi, Marcel, Once, Iwa K, Luna Maya, Sophia Latjuba, Ira Wibowo, Ari Wibowo, Aura Kasih, Carissa Putri dan lainnya.

Mereka semua datang pagi dengan meluangkan waktu hingga membolos dari syuting hanya agar datang ke posko Rumah Lembang.

Semua itu dilakukan tulus tanpa bayaran atau istilah di Endorse oleh Rumah Lembang.

Para artis ini juga berharap bahwa Basuki Tjahaja Purnama dapat duduk kembali menjadi gubernur dan tetap terus melanjutkan program pro-rakyat.

Apresiasi yang diberikan para artis tidak saja di Rumah Lembang, mereka rela berpanas-panas untuk mengikuti Ahok blusukan dibeberapa tempat di Jakarta.

Seperti artis peran sekaligus presenter, Gading Marten dan Cathy Sharon mengikuti Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama blusukan di kawasan Petojo, Jakarta Pusat, Selasa (8/11).

Kekaguman pada sosok Ahok yang membuatnya pagi-pagi rela blusukan. 

“Kebetulan kerjaan kosong, saya langsung pengin ikut, pengin lihat langsung. Kayak kemarin kalau misalnya di kampung-kampung gitu, setiap ketemu bayi ditanya udah dapat vaksin belum, kalau belum ayo segera, semuanya program-program lain dibilang. Jadi saya menyaksikan langsung beliau turun ke warga-warganya. Jadi saya tambah respect, dan tambah salut aja,” tutur Gading.

Alasan yang sama dengan Gading, juga dilontarkan artis cantik berdarah indo Cathy Sharon mengaku mengikuti calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berkampanye, karena dirinya penasaran ingin merasakan blusukan. 

“Saya pengen lihat blusukan. Karena kita harus lihat sendiri juga nggak cuma lihat di tv aja. Yah emang bener orangnya fair, cara dia ngobrol dengan warga deket ya. Saya juga suka yg dia katakan tadi ternyata orangnya lucu juga ya,” ucap mantan VJ MTV

Merakyat dan Anti Korupsi

Seperti yang dilontarkan oleh Gading Marten dan Cathy Sharon setelah mengikuti Basuki Tjahaja Purnama blusukan bisa melihat sosok Ahok sebenarnya.

Sosok Ahok yang membumi dan anti korupsi juga dilontarkan oleh Slank yang melihat bahwa sosok gubernur nomor urut dua ini merupakan sosok yang mau bekerja dan anti korupsi.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Slank saat menerima kedatangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat ke Markas Slank, Gang Potlot No. 3, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

“Kami berjanji kalau putaran kedua kita akan turun gunung,  tapi mudah-mudahan sekali (satu putaran) udah langsung lewat, karena sudah terbukti dengan hasil kerjanya dan anti korupsi dalam bekerja,” ucap Bimbim.

Suami Reny Setiawati ini memberikan dukungan kepada mantan Bupati Belitung Timur itu karena anti korupsi dan membumi.

Bimbim yang lahir di Jakarta 49 tahun lalu, menilai merasakan perbedaan pada kota kelahirannya semenjak diurus oleh mantan gubernur DKI Joko Widodo.

Jakarta memerlukan orang seperti Ahok yang berani menjalankan amanah yang diberikan oleh rakyat dengan lurus dan serius.

“Kalau bukan orang yang serius, lurus, bersih megang ya bahaya karena APBD Jakarta besar. Saya lahir di sini, bertahun-tahun ya kelihatanlah begitu ada kemarin Pak Jokowi sekarang diganti Pak Ahok ya berasa,” jelas Bimbim.

Dalam pertemuan yang belum diadakan tersebut Basuku Tjahaja Purnama juga mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan dirinya dan wakilnya Djarot Saiful Hidayat dalam rangka Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember lalu.

“Datang ke sini (Potlot) soalnya bunda Iffet kasih kartu anggota Slank fans club pusat. Selain itu, karena hari ini juga hari Ibu,  kami menganggap bunda Iffet bukan hanya bunda buat Bimbim tapi semua Slankers juga termasuk saya yang merasakan bunda Iffet jadi bagian dari ibu kita. makanya kami datang bawa kue untuk Bunda Iffet,” ungkap pria kharismatik ini.

Bagi Bunda Iffet dirinya memberikan kartu anggota Slank kepada Cagub-Cawagub Jakarta nomor urut dua ini karena kedua pejawat tersebut merupakan pejabat yang anti korupsi.

Figur keduanya begitu kuat dan melekat di hati Slank sebagai sosok pejabat yang tak main-main dalam bekerja dan memerangi anti korupsi yang ada di lingkungan Pemda DKI Jakarta.

“Tidak gratis kartu anggota Slank yang kami berikan kepada Bapak Ahok-Bapak Djarot, meski hanya 20 ribu tapi mereka membayar lho. Selain itu kartu ini kami berikan sebagai wujud dukungan kepada kedua calon yang begitu mau bekerja keras untuk Jakarta dan membersihkan korupsi di lingkungan pemerintahan DKI Jakarta,” urai Bunda Iffet.

Dari Lagu hingga Sound System

Begitu besar dukungan dari para artis pada pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat tanpa melihat keuntungan yang diperolehnya. Mereka hanya rindu sosok pemimpin rakyat yang mau memikirkan kepentingan negara.

Seperti yang dilakukan oleh musisi jazz Tompi mendatangi Rumah Lembang, penyanyi bersuara emas yang juga berprofesi dokter bedah plastik ini mengaku harus menutup klinik praktik bedah plastiknya. 

“Urusan saya sama ibu-ibu biasanya, cakepin ibu-ibu, tetapi hari ini saya mau cakepin dengan memberikan bantuan kepada Bapak Ahok. Praktik ditinggal sampai setengah hari doang. Habis ini saya balik lagi buat praktik,” kata Tompi yang  sempat mengadakan pertunjukan musik sebagai tanda dukungannya untuk Ahok – Djarot.

Tak tanggung-tanggung meski kasus Ahok ini bergulir bak angin tapi Tompi tetap yakin dengan pilihannya.

Ia bahkan rela memberikan perlengkapan sound system berikut operator untuk membantu Rumah Lembang selama masa kampanye.

Sama dengan Tompi, musisi Badai, Kahitna dan Slank akan menciptakan lagu khusus untuk Basuki Tjahaja Purnama untuk berkampanye.

Keyakinan atas pilihan terhadap pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat memang tidak meluruhkan para artis-artis ibu kota ini, meski Ahok dihukum atas tuduhan penistaan agama. 

“Saya pribadi tetap mendukung meski apapun terjadi. Bahkan, karena mendukung Bapak Ahok saya sempat menjadi bulan-bulanan dibully dan ribut dengan rekan artis yang kebetulan memilih pasangan sebelah,” tegas Sammy Simorangkir.

Daftar Artis Pendukung Basuki Djarot diantaranya, Titi Rajo Bintang, Slank, Sophia Latjuba, Luna Maya, Edric Tjandra, Andien, Tompi, Atiek CB, Cici Sumiati (penyanyi lawas), Henny Purwonegoro, Marini, Once, Wong Pitoe,  Idang Rasidi, Aline Adita, IDP ( Indah Dewi Pertiwi), Ira Wibowo,Ari Wibowo, Ruth Sahanaya, Jeffrey Woworuntu, Iwa K, Sweet Martabak, Gading Martin, Happy Salma, Cathy Sharon, Debby Sahertian, Ronny Sianturi, J-Flow, Dhira Sugandhi, Neo, Roy Marten, Anna Maria, Soraya Haque, Wieke Widowati, Yosie Project Pop, Aura Kasih, Dr. Sonia Wibisono, Astrid Tiar, Memes, Addie MS,, Augie, Carissa Putri, Kris Biantoro, Ivan Saba, Ferlita, Swara Mahardika Dllnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Syariah Realisasikan Rp4,1 Miliar dari Akad Massal KPR Sejahtera Syariah Bogor

BOGOR-BNI Syariah menggelar seremoni akad massal untuk pembiayaan KPR Sejahtera

Transcoal Pacific Raih Kontrak Senilai Rp15 Miliar

JAKARTA – PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) memperoleh kontrak jasa