Tarif KA Halim Perdanakusuma-Soetta Masih Dikalkulasi

sinarharapan.co.id

JAKARTA-Rencana pembangunan Kereta Ekspres dari Bandara Halim Perdanakusuma sampai Bandara Soekarno-Hatta makin dipercepat. Rencananya, tarif yang akan diberlakukan kurang dari Rp 100 ribu. “Nanti ada perhitungan,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Senin, (16/06/2014)

Menurut Mangindaan, soal usulan tarif tersebut masih dikaji dan belum merupakan keputusan final. Namun maalah tarif ini masih bisa diturunkan. Saya masih pertimbangkan ini melihat dari sisi sosialnya, harapan saya bisa turun. Kalau naik nggak mungkin lah,” ucapnya

Lebih lanjut Mangindaan menyakini masalah tarif diharapkan bisa turun, tarif kereta tersebut diharapkan tidak akan disubsidi pemerintah. “Bagusnya nggak disubsidi,” cetusnya

Dia menjelaskan, mobilitas angkutan lewat jalur kereta harus terus dikembangkan. Karena kondisi jalan darat sudah padat. Terutama bagi mereka yang mengutamakan ketepatan waktu.

Selain itu, dia juga menjelaskan, rencana pembangunan kereta ekspres ini sebagian besar akan dibangun melayang untuk menghindari perlintasan sebidang. “Kenapa karena kalau melewati perlintasan sebidang kan kurang bagus. Harus bisa memecahkan itu satu,” pungkasnya. (ek)