Temui LaNyalla, Pengusaha Pelayaran Mengeluh Soal Pembatasan Impor Kapal Bekas

Rabu 15 Mei 2024, 4 : 41 pm
Ketua DPD RI Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima keluhan pengusaha pelayaran/Foto: Dok DPD RI
Ketua DPD RI Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima keluhan pengusaha pelayaran/Foto: Dok DPD RI

SURABAYA – Beberapa elemen masyarakat menemui Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti yang sedang melakukan kunjungan ke daerah pemilihan (kundapil) di Jatim, Rabu, (15/5/2024).

Ada aspirasi yang disampaikan kepada Ketua DPD RI antara lain terkait pelayaran,  dimana para pengusaha pelayaran di Surabaya yang melayani rute Surabaya ke kawasan Indonesia Timur terutama Papua mengeluhkan kebijakan pemerintah terkait pembatasan impor kapal bekas yang harus di bawah 15 tahun.

Hal itu disampaikan oleh Rudi Antonio mewakili pengusaha pelayaran Surabaya.

Menurutnya, para pengusaha kapal meminta agar ada kebijakan khusus bagi perusahaan pelayaran yang melayani kawasan Indonesia Timur agar bisa mengimpor kapal dengan usia di atas 15 tahun.

“Kami melalui DPD RI menitipkan aspirasi untuk disampaikan ke pemerintah agar ada kemudahan atau kekhususan bagi kapal-kapal yang melayani Indonesia Timur supaya kami bisa mengimpor kapal bekas dengan usia di atas 15 tahun. Karena ini berkaitan dengan cost yang sangat besar, dan tentunya kerugian bagi kami,” ujar Rudi di Gedung Kadin, Jatim.

Dikatakan Rudi, Permendag No 20 tahun 2021 mengatur kapal kargo untuk mengangkut barang dan penumpang dengan usia paling lama 15 tahun saat diimpor.

“Aturan tersebut tidak masuk akal untuk para pengusaha pelayaran apalagi yang mempunyai rute ke Indonesia Timur. Kami mau meremajakan kapal terkendala, sebab kapal usia itu masih produktif dan harganya mahal. Sedangkan kami yang biasa beroperasi di kawasan timur itu berangkat ke sana penuh, balik ke Surabaya lagi kosong,” tuturnya.

 

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Caleg Artis Jadi Isu Lima Tahunan

JAKARTA – Kredibilitas anggota DPR dari kalangan artis selalu menjadi sorotan

Tren Suku Bunga Tinggi, Bank Commonwealth Hadirkan Bonus Saver

JAKARTA-PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) baru saja meluncurkan Bonus Saver,