TePI: KPU Sigap Menyesuaikan Peraturan Menyokong Politik Dinasti

Tuesday 25 Jun 2024, 12 : 36 am
Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI Indonesia) Jeirry Sumampow

JAKARTA Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI Indonesia) Jeirry Sumampow mengeritik keras ketidakpastian hukum dalam proses Pemilu lalu.

Situasi ini mulai muncul lagi menjelang Pilkada 2024 ini.

Hal ini terlihat selalu ada regulasi yang diubah di tengah jalan, termasuk soal Putusan Mahkamah Agung (MA).

“Padahal harus jelas aturan mainnya di depan,” tegasnya.

Jeirry juga menyoroti Komisi Pemilihan Umum (KPU), selaku penyelenggara Pemilu, yang cenderung lebih sigap untuk menyesuaikan Peraturan KPU terhadap putusan-putusan yang menyokong nepotisme atau politik dinasti.

Alih-alih yang menyangkut aspirasi khalayak luas seperti afirmasi 30 persen Perempuan dan aturan mengenai peserta pemilu mantan narapidana.

Selain itu, KPU juga ditengarai terlibat kasus manipulasi dan jual beli suara di beberapa daerah.

Baca juga :  Anwar Usman Dicopot dari Ketua MK, Begini Kesimpulan MKMK

Menengok apa yang terjadi di Pilpres, lanjut Jeirry, peserta pemilu berpotensi menormalisasi yang sebelumnya terjadi di Pilpres, termasuk menyoal pemasangan baliho dan spanduk di luar waktu

kampanye.

Peran pemerintah di Pemilu lalu juga ia anggap berlebihan sehingga memungkinkan cawe-cawe politik, termasuk memobilisasi TNI-Polri dan ASN serta politisasi bansos.

“Peran pemerintah mestinya dibatasi… Ke depan, kita tidak boleh lagi termakan oleh politik populisme, yang digunakan membangun dinasti, untuk itu kita harus melampaui populisme itu” kata Jeirry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Kebijakan tersebut masih konsisten dengan stance kebijakan moneter ketat untuk mengarahkan inflasi menuju ke sasaran 4,5±1% pada 2014 dan 4±1% pada 2015

BI Tahan BI Rate di Level 7,25%

JAKARTA-Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) akhirnya mengerem laju

Demokrat Deklarasikan Anies Capres, AHY Tak Otomatis Cawapres

JAKARTA-Partai Demokrat resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon