Teras BRI Kapal, Siap Layani Pulau-pulau di Indonesia

Wednesday 12 Nov 2014, 12 : 04 pm
by

SURABAYA-PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), kembali membuktikan dirinya tetap menjadi pioneer dalam layanan perbankan. Salah satunya BRI akan memulai pembangunan Teras BRI Kapal (Keel Laying/Peletakan Lunas) yang dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Perak – Surabaya (10/11). “ Kami menjadi yang pertama mengoperasikan layanan perbankan di atas kapal di Indonesia. Melalui layanan jasa perbankan Teras BRI Kapal ini, kami harapkan dapat menjadi sebuah lompatan besar dalam dunia keuangan khususnya perbankan untuk melayani masyarakat pesisir dan nelayan di pulau-pulau terpencil,” ujar Corporate Secretary BRI, Budi Satria ketika menghadiri Peletakan Lunas Kapal di Surabaya di Surabaya, Rabu (12/11).

Dengan menyandang reputasi sebagai microbanking yang telah mengakar di tengah masyarakat Indonesia, BRI senantiasa mengembangkan dan membangun layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. BRI memahami benar kultur budaya bangsa yang tersebar di seluruh wilayah kepulauan. “Di sisi lain, BRI juga berusaha memberikan kemudahan, kenyamanan, kecepatan, dan keamanan bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan,” jelasnya.

Dengan Jaringan unit kerja yang tersebar luas, sebanyak  19 Kantor Wilayah, 457 Kantor Cabang, 581 Kantor Cabang Pembantu, 583 Kantor Kas, 5.228 Unit, 2.454 Teras Kios, 522 Teras Keliling, 19.512 ATM, 192 CDM, 96.608 EDC tak diragukan BRI siap melayani masyarakat sampai ke pelosok desa dan batas terluar di republik ini.

Menurutnya, peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya BRI dalam menyelaraskan bisnisnya dengan perkembangan demografi masyarakat Indonesia yang terdiri dari gugusan pulau-pulau yang tersebar seluruh negeri. Teras BRI Kapal selanjutnya dapat menjadi salah satu upaya BRI untuk mengedukasi atau melakukan literasi masyarakat kepulauan untuk melek jasa layanan keuangan perbankan . Teras BRI Kapal adalah layanan keuangan perbankan pertama dan satu –satunya di dunia yang melayani jasa keuangan bank di atas air yang menyusur pulau-pulau terluar dalam gugusan kepulauan di Indonesia. Tidak hanya itu,  Teras BRI Kapal sebagai moda transportasi laut/ sungai yang bersifat mobile juga membawa misi membangun ekonomi masyarakat pesisir . “ Teras BRI tidak hanya bertindak sebagai bank yang beroperasi antar pulau, melainkan juga akan menjadi agen-agen ekonomi yang ikut membangun dan menyejahterakan ekonomi masyarakat pesisir,” tambahnya.

Sementara itu, untuk operasionalisasi Teras BRI Kapal direncanakan berlayar di daerah Kepulauan Seribu yang merupakan wilayah peluncuran operasional Teras BRI Kapal untuk yang pertama dan selanjutnya BRI segera akan meluncurkan Teras BRI kapal di wilayah Ternate, Bau-bau, dan Tanjung Selor.

Semangat Financial Inclusion adalah sesuatu yang menjadi spirit BRI dalam meningkatkan pelayanan ini, mengedukasi dan literasi keuangan serta sebagai penggerak ekonomi kerakyatan dengan mengutamakan fokus terhadap perkembangan UMKM. “Melalui Teras BRI Kapal yang merupakan persembahan Bank BRI sebagai agent of development dalam menjalankan fungsi financial inclusion yang terarah dan terukur, ke depannya diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa percaya diri masyarakat nelayan di pesisir untuk menggunakan produk dan layanan keuangan serta menciptakan pasar yang wajar dan teratur,” tegasnya.

Penggunaan produk-produk keuangan secara wajar dan teratur akan mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Diaspora Indonesia Kekuatan Baru Dalam Pembangunan

NEW ORLEANS-Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi mengatakan diaspora Indonesia dapat
Jasmerah merupakan pesan yang masih sangat relevan sampai saat ini. Karena para elit bangsa Indonesia cenderung meninggalkan sejarah. Melupakan sejarah.

Krisis Harga, Krisis Pangan, Korupsi, KKN dan Indonesia Spring?

Oleh: Anthony Budiawan Arab Spring adalah gerakan pro-demokrasi, anti-korupsi, dan