Terinspirasi Mentri Susi, Artis Cilik Ini Banting Stir Menjual Kurma

Artis Sinetron Wafa Kahfi Mudhis.

JAKARTA-Kisah sukses  Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti benar-benar menjadi inspirasi  bagi artis sinetron Wafa Kahfi Mudhis. Walaupun hanya lulusan SMP, kini Susi dengan keuletannya memiliki 22 pesawat serta beraset ratusan miliar rupiah. Tak mau bermuluk-muluk menjadi the next “Susi”, Vava pun mulai banting stir dari artis sinetron ke bisnis  menjual kurma.

“Saya kagum dengan ibu Mentri Susi. Dia hanya lulus SMP. Tetapi, dia tekun, rajin dan dia sukses. Ini yang menginspirasi saya. Artinya, semua orang pasti sukses, namun dengan syarat bekerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh,” ujar Vava.

Kesuksesan Susi membangun imperium bisnisnya begitu terpatri dihati gadis  24 tahun ini. Ini sebagai tanda, kesuksesan itu milik semua orang. Semua orang punya peluang dan pasti sukses, namun dengan syarat bekerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh. Karena tidak ada kesuksesan yang diraih dengan cara instan.

“Saya suka baca blog orang-orang sukses. Dari pengalaman mereka, sukses itu tidak sim salabim, tapi butuh proses dan perjuangan,” imbuh Artis yang bermain di sinetron Muslimah dan Lorong Waktu ini.

Baca :  Ekspor Komoditas Laut Jatim Mencapai 1,3 Miliar Dollar AS

Bagi Vava, hidup adalah pilihan. Setiap orang memiliki kesempatan untuk memilih. Masing-masing pilihan tentu memiliki resiko yang akan ditanggung. Namun yang pasti, tiap pilihan tentu memiliki tujuan yang akan dicapai dan bukan sekedar menunggu keberuntungan.

Tantangan bagi Vava tak ubahnya sebuah peluang dan kesempatan. Berbekal tekad dan keyakinan yang kuat, Vava pun percaya diri (confidenve) bisa melewati semua tantangan itu.  “Confidence, it is not about what you know, its about what you believe in,” ujarnya.

Vava mengaku, tidak selamanya menjadi artis. Seiring dengan bertambahnya usia, persaingan didunia keartisan sangat ketat. Makanya, Vava menyiapkan “skoci” untuk hidup dan kehidupannya kelak. Dia pun memantapkan hati untuk meninggalkan dunia entertaint Sebuah pepatah China kuno: untuk memulai perjalanan 1000 km maka harus dimulai dengan langkah pertama. Maka, pada.  2011 lalu, artis Vava banting stir serta mencoba peruntungan baru dengan menekuni bisnis menjual kurma.

Baca :  Maluku Siap Jadi Kekuatan Maritim Nasional

Dengan modal awal Rp 20 Juta, Vava memulai mulai membuka toko Kurma Abu Rasyad.  Kini berkat ketekunanannya, artis 24 tahun ini mempunyai 3 buah Toko Kurma.

“Alhamdulilah, dari bisnis Kurma ini,saya bisa traveling kemana-mana,dan  bisa mennghidupi diri sendiri. jelas  Mahasiswa Fikom Univeritas di Mustopo Beragama ini.

Vava  mengaku, peluang bisnis Kurma di Indonesia sangat besar. Hal ini seiring dengan tingginya kebutuhan Kurma bagi masyarakat. Bahkan, permintaan Kurma semakin melonjak tatkala menjelang musim haji tiba.

Kini, dari ketiga Toko Kurmanya itu, Vava bisa meraih omzet Rp 50 juta hingga Rp 75 juta per bulan. “Kebanyakan pembeli kurma itu dari daerah,” ujarnya.

Vava mengaku ketertarikannya pada bisnis Kurma bukan karena tidak laku menjadi artis. Tetapi, ini semata soal pilihan hidup. “Umur bertambah, dunia entartainan itu sementara. Hidup itu harus punya yang pasti. Saya juga hobi jualan. Dari kecil, hobi jual petasan. Jual gambaran . Saya memang hobi bisnis dari kecil,” jelasnya.

Baca :  Pemerintah Ekspor 8,9 Ribu Ton Hasil Perikanan Serentak di Lima Pelabuhan

Bakat bisnis Vava  warisan sang ayah. Maklum, sang ayah juga seorang pebisnis  jaket kulit dan madu arab. “Waktu kecil, sering diledekin teman-teman jual kurma. Akhirnya, jadi tukang kurma beneran,” jelasnya.

Vava  mengaku menjadi pebisnis Kurma sangat menarik. Soalnya, jarang ada cewek menjual korma. “Mengapa kurma? Karena keluarga jual kurma. Ayah  Dan ibu saudi arabia ujar anak ke 4 dari 6 bersaudara.

Pilihannya berbisnis Kurma tidak akan disesalinya.   “Cita-cita sejak kecil jadi bisnis women. Saya nggak nyesal dengan pilihan ini,” ujar artis yang sejak usia 7 tahun sudah menyanyi di TVRI  bersama Ibu Sud.