The New Normal: Antara Ghost Protocol dan Desentralisasi Global

Thursday 28 May 2020, 8 : 13 pm
by
Ketua Panitia Penyelenggara AM Putut Prabantoro

Ketidakpastian akan masa depan dalam New Normal, demikian diungkapkan lebih lanjut, dihadapi seluruh negara termasuk Indonesia. Tak satu negarapun yang dapat memastikan kapan pandemi ini berakhir atau malah ada ancaman lain yang baru. Yang perlu diperhatikan, ungkapan “survival of the fittest” atau seleksi alam semakin banyak digunakan untuk mempertanyakan kemampuan dan kekuatan suatu negara untuk dapat keluar dari krisis tersebut. Ini seperti pepatah yang mengatakan, “Jika ukurannya adalah besar, maka gajah adalah raja rimba dan bukan singa.”

Masih terkait dengan New Normal, Alumnus PPSA XXI ini mengaku teringat tag line Ghost Protocol yakni, “No Plan, No Back-Up dan No Guide”. Tag Line ini sekaligus mengingatkannya tentang kekalahan Jepang atas Sekutu setelah pemboman Hirosima dan Nagasaki sebagai momentum kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada satu rencana, tidak ada dukungan kekuatan dari negara besar ataupun petunjuk menjalankan sebuah negara yang baru merdeka, ketika Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Dalam situasi yang serba tidak pasti itu, Tim Mission Impossible yang dipimpin oleh Soekarno menjalankan negara Indonesia.

“Meskipun disebut mustahil, impossible, tidak mungkin, atau tidak pasti, habitus baru atau new normal tetap harus dijalankan jika ingin hidup. Hanya saja kemustahilan menjadi kenyataan ketika seluruh beban dijatuhkan kepada pemerintah semata dan masyarakat bersikap terserah. Ini momentum bangsa Indonesia. Masyarakat dan pemerintah harus menjadi tim mission impossible,” ujar Putut Prabantoro.

Selain itu, yang tidak kalah penting, masyarakat juga harus bahu membahu bersama pemerintah dalam menghilangkan trauma terhadap Covid-19 yang ada dalam masyarakat. Secara tidak sadar, Covid memunculkan trauma di tengah masyarakat dan ini harus dihilangkan.

Trauma karena takut akan tertular hingga kematian akibat Covid menjadi salah satu kendala keberhasilan dan poin penting yang harus diperhatikan dalam The New Normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Nasdem Usulkan Sultan Mahmud Riayat Jadi Pahlawan Nasional

JAKARTA-Pahlawan nasional terbuka kemungkinan akan terus bertambagh. Padahal hingga saat

Kemenkeu Bangun Indonesia Financial Center Guna Menopang Perekonomian

JAKARTA-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyepakati penggunaan