Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Sektor Ekonomi Melonjak

Friday 20 Oct 2017, 10 : 50 am

JAKARTA-Peneliti dari The Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernades menilai pencapaian yang diperoleh Pemerintahan Joko Widodo (Jokow), selama tiga tahun memimpin, mengalami kenaikan signifikan, terutama untuk bidang ekonomi. “Beda saat pertama kali memerintah, bidang ekonomi pemerintahan Jokowi-JK, hanya 30 persen,” kata Fernandes dalam Diskusi Media yang digelar Kaukus Muda Indonesia (KMI dengan tema “Review Buah Pembangunan Pemerintahan Jokowi dan Objektivitas Pemberitaan Media” di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (20/10/2017) kemarin.

Namun, sambung Arya, pada tahun kedua Jokowi memerintah, angkanya naik menjadi sekitar 40 an persen. “Kini, bidang ekonomi pemerintahan Jokowi telah menyentuh angka 56 persen,” paparnya.

Karena itu, ia mengaku optimis di dua tahun masa pemerintahannya yang tersisa, Jokowi bisa mengatasi masalah ekonomi di dalam negeri. “Memang harus kita akui, kalau penilaian publik terhadap bidang ekonomi sangat tertinggal jauh, jika dibanding dengan bidang maritim dan hukum,” ucapnya lagi.

Kesempatan sama, Direktur INDEF, Enny Sri Hartati mengatakan, meskipun tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahannya lumayan tinggi, sekitar 70 persen, namun Presiden Jokowi disarankan fokus terhadap masalah perekonomian di dalam negeri. “Saat ini mayoritas publik mengeluh karena susahnya memperoleh lapangan pekerjaan, harga sembako yang makin tinggi, dan lain-lain,” ungkapnya.

Menurut Enny, kalau melihat rendahnya penilaian terhadap bidang ekonomi, ini menunjukkan kalau orang-orang yang selama ini membantu Presiden Jokowi, tidak profesional. “Karenanya, Jokowi harus berbenah diri. Tempatkan orang-orang profesional untuk menangani permasalahan ekonomi,” sarannya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

sampah plastik

Kurangi Dampak Sampah Plastik, Pemerintah Canangkan Gerakan Satu Juta Tumbler

JAKARTA-Komitmen Pemerintah untuk mengurangi dampak sampah plastik kini diwujudkan dalam

Dongkrak Penjualan, Diler Honda IKM Merambah Tangerang

TANGERANG-PT Honda Prospect Motor (HPM) terus memperluas jaringan pasarnya di