Toyota Janjikan Investasi Rp20 Triliun

Wednesday 25 Mar 2015, 8 : 40 pm
by

NAGOYA-Grup Toyota meningkatkan komitmen investasi di Indonesia sampai 2020.

Dalam tahap awal, raksasa otomotif asal Jepang itu secara bertahap hingga 2017 akan menginvestasikan Rp 20 triliun dan meningkatkan volume ekspor dari 200.000 unit menjadi 700.000 unit.

Presiden Joko Widodo berharap pabrik otomotif Toyota di Indonesia dapat meningkatkan ekspornya hingga tiga kali lipat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan ke pabrik Toyota Machimoto Nagoya, Jepang.

“Saya bertemu Presiden Toyota Mr. Akio Toyoda, saya minta Indonesia dijadikan sebagai product service khusus untuk ekspor,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, pihak Toyota telah menyanggupi ekspor ditingkatkan tiga kali lipat dari yang sekarang, baik komponen maupun yang mobilnya atau paling tidak sama dengan Thailand.

“Sekarang Thailand tujuh ratus ribuan, di Indonesia baru dua ratus ribuan, tadi komitmennya itu. Tapi dia (Presiden Toyota) juga minta agar dibantu visa kerja, angkutan barang dari pabrik ke pelabuhan, ketiga masalah berurusan berkaitan dengan pelabuhan,” papar Jokowi.

Presiden melanjutkan, Toyota sudah menyampaikan bahwa akan berinvestasi Rp 20 triliun.

“Kalau ini masuk, yang lain akan ikut karena ini bangun kepercayaan,” ungkapnya.

Sebelumnya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana mengoperasikan pabrik mesin mobil pada 2016 mendatang.

Pembangunan pabrik mesin mobil senilai Rp 2,3 triliun ini merupakan salah satu bagian dari rencana investasi korporasi sebesar Rp 13 triliun yang realisasinya dilakukan secara bertahap.

“Kami akan segera mengoperasikan plant ketiga di Karawang pada tahun 2016 yang diharapkan memiliki kapasitas double dari plant yang kita miliki sekarang,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menambahkan Indonesia berharap bisa menjadikan Toyota sebagai duta investasi dari Jepang ke Indonesia. Hal ini berdasar pertimbangan sejarah panjang investasi perusahaan itu di Tanah Air.

“Ini tentu kami harap Toyota dapat menjadi duta investasi Jepang ke Indonesia. ‘Succes story’-nya juga cukup panjang di Indonesia,” katanya saat mendampingi Presiden Joko Widodo.

Toyota telah sejak lama berinvestasi di Indonesia dan merupakan salah satu perusahaan otomotif dengan nilai investasi terbesar di dalam negeri.

Mendag berharap Toyota bisa menjadi contoh dan menginspirasi perusahaan lain di Jepang untuk berinvestasi atau memperbesar investasinya di Indonesia.

Apalagi, Toyota selama ini dianggap sebagai sebagai investor yang besar baik di Indonesia maupun di dunia.

Indonesia juga berharap Toyota bisa menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk ekspor produk otomotif.

“Itu makanya kita datang ke sini untuk meyakinkan mereka bahwa kita sudah siap menjadi negara basis produksi ekspor dan sudah banyak kemudahan kita buka termasuk perbaikan infrastruktur yang segera dimulai,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Redam Fluktuasi Harga, Puan Desak Perbaiki Tata Kelola  Pangan 

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah melakukan intervensi terhadap

Nadya Shafira Rilis Videoklip Lagu Terbaik Untukku

JAKARTA-Keindahan vokal Nadya Shafira dilirik oleh Chossy Pratama, Musisi Nasional