Transaksi Modal dan Finansial Surplus US$7,8 M

Jumat 9 Mei 2014, 7 : 02 pm
by

JAKARTA-Minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia semakin tinggi sehingga transaksi modal dan finansial mengalami surplus sebesar US$7,8 miliar. Tingginya minat investor asing ini sejalan dengan membaiknya kondisi fundamental ekonomi Indonesia. Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan total aliran masuk dana asing tercatat meningkat dari US$10,5 miliar pada triwulan IV-2013 menjadi US$12,3 miliar pada triwulan I-2014, terutama pada instrumen portofolio.

Direktur Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs mengatakan peningkatan aliran masuk investasi portofolio asing tersebut, selain dipengaruhi kenaikan net beli asing pada instrumen portofolio berdenominasi rupiah, juga didukung oleh langkah Pemerintah menerbitkan obligasi valas sebagai salah satu sumber pembiayaan defisit fiskal. Surplus transaksi modal dan finansial juga bersumber dari aliran masuk investasi langsung asing yang masih kuat dan tercatat pada level yang relatif sama dengan triwulan sebelumnya. Namun demikian, surplus transaksi modal dan finansial pada triwulan I-2014 tersebut lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada triwulan IV-2013 sebesar US$8,8 miliar dipengaruhi oleh penempatan simpanan swasta di luar negeri seiring derasnya aliran masuk investasi portofolio.

Menurutnya, perbaikan transaksi berjalan dan surplus transaksi modal dan finansial menyebabkan secara keseluruhan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) triwulan I-2014 mencatat surplus sebesar US$2,1 miliar. Surplus NPI triwulan I-2014 tersebut pada gilirannya mendorong kenaikan cadangan devisa dari US$99,4 miliar pada triwulan IV-2013 menjadi US$102,6 miliar pada Maret 2014, atau setara 5,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. Pada April 2014, cadangan devisa terus meningkat hingga mencapai US$105,6 miliar. “BI menilai kinerja NPI triwulan I-2014 berkontribusi positif dalam menopang pertumbuhan ekonomi yang lebih seimbang,” pungkasnya.

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jelang Lebaran, Pemprov Dukung Kesiapan Polda Jatim

SURABAYA-Gubernur Jatim H. Soekarwo mendukung kesiapan Kepolisian Daerah Jatim dalam

KAEF Sepakati Pembelian Bahan Baku Obat Dari Kimia Farma Sungwun Pharmacopia

JAKARTA-Guna dapat memenuhi kebutuhan bahan baku obat (BBO), PT Kimia