Triwulan III 2019, Pertumbuhan Harga Properti Residensial Masih Terbatas

Monday 11 Nov 2019, 3 : 15 pm
by
properti
ilustrasi

JAKARTA-Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia mengindikasikan pertumbuhan harga properti residensial di pasar primer pada triwulan III 2019 masih terbatas. Hal ini tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada triwulan III 2019 yang masih tumbuh terbatas sebesar 0,50% (qtq) dibandingkan dengan 0,41% (qtq) pada triwulan sebelumnya.

“Pada triwulan IV-2019, pertumbuhan IHPR diprakirakan sedikit melambat menjadi 0,45% (qtq),” ujar Direktur Eksekutif Onny Widjanarko dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (11/11).

Di tengah pertumbuhan harga yang terbatas, penjualan properti residensial pada triwulan III-2019 tumbuh sebesar 16,18% (qtq), lebih tinggi dari kontraksi -15,90% (qtq) pada triwulan sebelumnya. Peningkatan penjualan properti residensial terutama didorong oleh kenaikan penjualan pada rumah tipe kecil dan tipe besar, sedangkan penjualan rumah tipe menengah masih terkontraksi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa pembiayaan pembangunan properti residensial oleh pengembang masih ditopang oleh kemampuan finansial perusahaan, tercermin dari porsi penggunaan dana internal developer yang mencapai 60,44%.

“Sementara untuk pembelian properti residensial oleh konsumen, mayoritas (76,02%) menggunakan fasilitas KPR dari perbankan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketika Prabowo Balas “Air Susu dengan Air Tuba” pada Megawati

JAKARTA-Panasnya situasi politik menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres)

Pelaku Industri Didorong Berperan Aktif Memitigasi Covid-19

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pelaku industri dapat beperan aktif dalam