Tugas Berat Mentan ke Depan, Kinerja 2015-2019 Sudah di Atas Plafon

Pri Menix pun tidak setuju jika mengkaitkan kinerja pembangunan pertanian dengan kasus mafia impor bawang putih. Sebab hal ini tidak memiliki keterkaitan karena diketahui Kementan selama ini bersih bersih terhadap praktek korupsi dan mafia, termasuk menempatkan Satgas KPK di Kementan.

“Hasilnya Kementan memblacklist 74 mafia importir nakal dan bersama Satgas memproses hukum 784 mafia. Bahkan Kementan memperoleh penghargaan pengendalian anti gratifikasi dua tahun berturut-turut 2017-2018 dari KPK-RI,” jelasnya.

Pri Menix juga tidak sepakat bahwa terjadi masalah produktivitas tenaga kerja, kapasitas sumber daya manusia, dan perubahan teknologi yang rendah selama pemerintahan Kabinet Kerja Jilid I. Justru saat ini digencarkan program 500 ribu pemuda tani milenial, politeknik pertanian vokasi, mekanisasi pertanian besar-besaran memproduksi skala luas secara cepat, tepat dan hemat dengan alat mesin pertanian dan robotik.

Baca :  Ekspor Kelinci Hias Meningkat 73%

“Buktinya dulu 2013 level mekanisasi Indonesia 0,04 horse power (HP, red) per hektar dan kini 2019 melompat menjadi 2,15 HP per hektar, walaupun masih jauh di bawah Jepang dan Amerika, namun levelnya tidak jauh berbeda dengan Malaysia, Thailand dan lainnya,” pungkasnya.