Tunda Pembahasan Ratifikasi dan Perundingan FTA di Tahun Politik 2019

Saturday 16 Mar 2019, 6 : 32 pm
by
Direktur Eksekutif IGJ, Rachmi Hertanti

JAKARTA – Koalisi Masyarakat Sipil untuk Keadilan Ekonomi mendesak DPR RI untuk menunda atau menghentikan sementara segala pembahasan proses ratifikasi dan perundingan perjanjian perdagangan bebas di tahun politik 2019.

Hal dikarenakan kesibukan kampanye pemilu 2019 dan kejar target dipenghujung masa jabatan anggota DPR 2014-2019 akan berdampak terhadap ketidak-seriusan DPR RI untuk mengkaji, mengkritisi serta menganalisis dampak perjanjian secara komprehensive.

Sehingga sekali lagi nasib jutaan rakyat Indonesia akan dipertaruhkan.

Desakan ini disampaikan koalisi melalui surat terbuka yang dikirimkannya pada hari ini (14/3) kepada Ketua DPR RI dan Ketua Komis VI DPR RI.

Surat itu dilayangkan bersamaan dengan perundingan ke-7 Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnerhsip Agreement (IEU CEPA) yang berlangsung sejak 11-15 Maret 2019.

Koalisi juga mengingatkan bahwa beberapa waktu yang lalu Pemerintah Indonesia juga sudah merampungkan 2 perjanjian perdagangan yaitu: Indonesia-Australia CEPA pada 4 Maret 2019 dan Indonesia-Europe FTA atau EFTA pada 16 Desember 2018. Termasuk saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mendesak untuk segera merampungkan perundingan Regional Comprehensive Economic Agreement (RCEP) antara ASEAN dengan 6 negara mitra ekonominya.

Direktur Indonesia for Global Justice (IGJ), Rachmi Hertanti, menyampaikan peran DPR RI sangat penting dalam memastikan hak-hak rakyat Indonesia, khususnya rakyat kecil, yang diamanatkan Konstitusi tidak terlanggar akibat perjanjian perdagangan dan investasi internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pasar Terima Konsep Ekonomi Jokowi-JK

JAKARTA-Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Muhammad Jusuf Kalla menawarkan sejumlah konsep ekonomi

BI Beri Penghargaan Pelaporan Terbaik ke 21 Perusahaan

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memberikan penghargaan kepada 21 perusahaan di Indonesia