UKP-PIP: Pancasila Sebagai Alat Kontribusi Sosial

Tuesday 13 Jun 2017, 1 : 17 pm
Yudi Latif, Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia

JAKARTA – Ideologi Pancasila sebagai jembatan pemersatu bangsa Indonesia sudah mulai meredup.

Bahkan nilai-nilai Pancasila tidak lagi menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Bagi Indonesi yang majemuk ini sangat penting Pancasila. Di mana Pancasila itu menjadi alat kontribusi sosial,” kata Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Yudi Latif, dalam diskusi kebangsaan bertajuk “Pancasila Sebagai Integrasi Negara dan Agama” di Rumah Dinas Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Menurutnya, belakangan ketika terjadi gejolak sosial di masyarakat, baru disadari bahwa keberadaan Pancasila sangat diperlukan di Indonesia sebagai negara yang majemuk.

“Saya sering mengatakan Pancasila ini seperti bintang yang hanya bisa dilihat di gelap malam, artinya di rutinitas terang kita tidak bisa melihat gunanya, tapi ketika di dalam gelap baru kita sadar ternyata penting Pancasila itu,” tambahnya

Baca juga :  Satpol PP Kota Bekasi Sosialisasi Aplikasi SIPPP di Pondok Melati

Lebih jauh kata Direktur Reform Institut, barang kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih sibuk membangun infrasturktur, dengan mengabaikan karakter sosial di masyarakat.

Atas dasar itulah, Presiden Jokowi mengeluarkan Perpres pembentukan UKP-PIP.

“Jadi sebenarnya apa yang terjadi belakangan ini menyadarkan banyak orang bahwa pembangunan selama ini bukan hanya sekedar pembangunan hal fisik, bangunan itu mudah dirubuhkan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Mahyudin Tegaskan Siap Maju Cagub Kaltim

BALIKPAPAN-Wakil Ketua DPD RI Mahyudin menyatakan siap maju sebagai gubernur

Menteri ESDM: Pemerintah Gencarkan Penggunaan Bioetanol

JAKARTA-​Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan