UPP Harus Berperan Aktif Atasi Masalah Kesehatan

Monday 28 Oct 2013, 5 : 04 pm
by
Menkes Nafsiah Mboi

SURABAYA-Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A. MPH meminta Unit Pelayanan Prima (UPP) Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya dan 9 wilayah lainnya untuk betul-betul berpikir keras, mengeskplorasi dan mengidentifikasi inovasi.

Hal Ini penting guna mengatasi masalah lingkungan dan masalah kesehatan yang dihadapi di wilayah kerjanya bersama jajaran kesehatan setempat.

“Baru-baru ini saya mengunjungi rumah sakit swasta dimana tidak ada pembuangan limbah yang baik. Sehingga menyebabkan penyakit terhadap pasien”, ujarnya saat peresmian UPP BBTKLPP Surabaya, Senin (28/10).

Menurut Menkes, masalah lingkungan dan masalah kesehatan menjadi tantangan setiap UPP sebagai bagian komitmen pemerintah dalam menggenjot pelayanan yang profesional kepada masyarakat serta bebas dari praktik-praktik korupsi.

“Misalnya akses air minum dan sanitasi dasar. Apalagi pencemaran udara, tanah dan air itu harus kita perhatikan. Bahkan di salah satu provinsi masih dilaporkan masih diteemukan penyakit pes”, ungkapnya.

Menkes berharap pemerintah daerah mau untuk bekerjasama tanggung jawab kesehatan rakyat.

Mengingat masyarakat dunia saat ini dihadapkan dengan tantangan besar, yakni meningkatnya masalah lingkungan seperti perubahan iklim, pencemaran lingkungan, serta dampak lingkungan akibat teknologi dan radiasi.

“Kesehatan, pendidikan itu tanggung jawab bupati/walikota. Tingkat provinsi merupakan wakil dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, kepala dinas kesehatan provinsi adalah menteri kesehatan di provinsi”, tegasnya.

Karena itu, tambah Menkes, BBTKLPP di seluruh Indonesia dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi kementerian kesehatan di wilayah kerjanya.

Dengan memperkuat upaya pencapaian sasaran pembangunan kesehatan melalui komunikasi, koordinasi maupun jejaring kerja dengan instansi dan masyarakat.

“Bekerja dengan cerdas, fokus pada tugas pokok dan fungsinya. Secara efesien dan efektif yang bermanfaat bagi masyarakat”, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

13 Srikandi Raih Penghargaan “Kartini Masa Kini 2017” INDONEWS

JAKARTA-Sebanyak 13 perempuan hebat di bidangnya dan dari berbagai profesi

Munas P3JI Songsong Perbaikan Infrastruktur Jalan

JAKARTA-Untuk mendukung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pembangunan infrastruktur jalan dan