Walkot Tangsel Jamin Harga dan Pasokan Pangan Stabil

Tuesday 18 Dec 2018, 1 : 04 pm
by
Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany

TANGERANG-Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany menjamin harga dan pasokan pangan di Tangsel tetap stabil, menghadapi natal dan tahun baru 2019.

“Pertama kami pastikan harga-harga kebutuhan dan pasokan bahan pokok di Tangerang Selatan, stabil menjelang natal dan tahun baru,” ucap dia selasa 18 Desember 2018.

Dari pantauan yang dilakukan di pasar tradisional Serpong di Tangerang Selatan, ada sejumlah bahan pangan yang ikut naik, pada periode jelang natal dan tahun baru saat ini seperti telur ayam, bawang putih, kol dan tomat.

Gunara, Kabid Perlindungan Konsumen dan tertib Niaga, Dinas Perindustrian dan perdagangan kota Tangerang Selatan, mengatakan, ada kenaikan harga dibawah 5 persen yang terjadi menjelang natal dan tahun baru.

“Sampai hari ini harga stabil dan ketersediaan pasokan barang pangan di Tangerang Selatan mencukupi. Memang ada kenaikan dibawah 5 persen seperti cabai merah kriting, bawang putih, telur ayam dan kol,” ucap Gunara.

Menurut dia, kenaikan harga pada sejumlah bahan pangan itu, karena disebabkan perubahan cuaca, pakan ternak dan transportasi.

“Keterangan dari pedagang itu (kenaikan), karena cuaca hujan yang terus terjadi sehingga cabai menjadi cepat busuk, masalah transportasi dan pakan ternak seperti untuk harga telur ayam,” ucap dia.

Dia juga menyebutkan, pada kondisi jelang natal dan tahun baru ini, ada juga bahan pangan yang justru mengalami penurunan.

Dari laporan yang dia terima, bahan pangan seperti ikan kembung, kacang kedelai, cabai merah biasa, justru mengalami penurunan.

“Untuk Beras stabil pada semua tipe beras. Memang konsumsi pada natal tahun baru tidak seperti puasa dan lebaran, jadi pasokan dan harga tidak terlalu tinggi. Kami juga terus memantau pergerakan harga dan pasokan barang, terutama di 6 pasar tradisional yang ada,” ucap dia. (Raja Tama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tren Pulang Kampung Gunakan Transportasi Bus Menurun

BEKASI–  Tren warga Kota Bekasi yang pulang ke kampung halamannya

Kemenhub Lambat Undang Investasi Swasta

JAKARTA-Kementerian Perhubungan dinilai sebagai instansi yang paling lambat mengundang investasi