Wanita Pengusaha Perlu Kembangkan IKM Kreatif di Daerah

Thursday 17 Sep 2015, 1 : 54 pm
by

JAKARTA-Menteri Perindustrian Saleh Husin meminta Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) karena memperkuat Indonesia sebagai negara yang tangguh, terutama industri kreatif yang semakin marak di Indonesia. Karena itu, wanita pengusaha harus membangun sinergi dengan Pemerintah dan stakeholder lainnya.

Menurutnya, peran wanita pengusaha di Indonesia sangat besar. Kontribusi mereka diyakini menjadi andalan pengembangan IKM baik dari sisi kapasitas usaha maupun meningkatkan pemerataan jumlah IKM. Hal ini seiring meningkatnya peran IKM terhadap perekonomian nasional. “Sayangnya, persebarannya masih terpusat di Pulau Jawa yang sebanyak 2,29 juta unit usaha atau 65,58 persen dari jumlah IKM yang mencapai 3,5 juta unit usaha,” ujar Saleh Husin saat mewakili Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka Musyawarah Nasional IWAPI ke-8 di Ancol, Jakarta, Rabu (16/9).

Menperin juga menyinggung tentang paket kebijakan ekonomi yang digulirkan Presiden Joko Widodo pada pertengahan September ini. Para pengusaha yang bergabung dalam IWAPI diharapkan memanfaatkan kebijakan deregulasi tersebut.  “Semangat kebijakan itu adalah ingin membuat sektor swasta lebih bergairah dan pelaku usaha baik kecil menengah dan besahr lebih mudah dalam berusaha sehingga produk yang dihasilkan berdaya saing lebih kuat,” ujarnya.

Pemerintah, lanjut Menperin, juga membuka diri serta mengundang IWAPI untuk memberi masukan dan turut mengawal implementasi paket kebijakan ekonomi demi menggerakkan motor perekonomian nasional.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden! Stop Nepotisme

SURABAYA –  Puluhan mahasiswa yang menamakan diri Gabungan Mahasiswa Surabaya

Mahfud: Debat Harus Saling Menghargai

JAKARTA– Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengungkapkan,  ada tiga