Wapres: Tidak Ada Pemerintahan ‘Auto Pilot’

Friday 24 Oct 2014, 4 : 38 pm
by

JAKARTA-Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menegaskan, tidak ada istilah ‘auto pilot’ dalam pemerintahan sekarang meskipun hingga saat ini, Presiden Joko Widodo belum mengumumkan nama-nama menterinya.

Kepada wartawan Jusuf Kalla mengatakan, meski belum ada menteri yang ditunjuk, namun bukan berarti pemerintahan tak jalan. “Kan ada sekjen dan dirjen di kementerian. Jadi bukan berarti pemerintahan tak jalan. Nanti mereka kan lapor ke menteri,” ujarnya saat dicegat wartawan di kantor Wapres, Jakarta, Jumat (24/10),

Soal pengumuman kabinet, dia mengaku secepat mungkin menyampaikan susunan kabinet dalam waktu dekat. “Yang pasti secepatnya akan segera diumumkan. Bisa hari ini atau besok,” ujarnya.

Wapres menjelaskan, pengumuman susunan kabinet tak bisa dilakukan secepat mungkin karena harus mempertimbangkan dengan hati-hati untuk memilih calon menteri mengingat mereka akan menjalankan tugas selama lima tahun ke depan. “Kita harus bisa memilih menteri yang bebas masalah dan kredibel. Jangan sampai memilih menteri yang ternyata bermasalah tapi harus profesional sehingga harus hati-hati,” katanya.

Menurutnya, seluruh calon menteri disaring dengan ketat dan namanya dimasukkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan setelah diperiksa menjadi bahan pertimbangan bagi Presiden Joko Widodo untuk bisa dipilih menjadi menteri atau tidak.

JK mengatakan, pemilihan menteri sesuai dengan kemampuan dan tidak mendapat tanda merah dari KPK serta tidak melihat faktor usia. “Siapa bilang menteri harus memiliki kriteria di bawah usia 60 tahun. Gak ada itu,” tegasnya

Sebagaimana diketahui sampai saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan nama-nama daftar menterinya. Dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (23/10) malam, Presiden Jokowi mengatakan, ia menunggu balasan dari surat pertimbangan yang telah dikirimkannya kepada DPR RI terkait dengan pengubahan nomenklatur berupa pemisahan atau penggabungan antarkementerian. “Kami berharap bisa cepat karena kami sudah final (menyusun kabinet),” kata Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Kamis (23/10) malam.

Presiden Jokowi menegaskan pihaknya menginginkan penyusunan kabinet dapat berjalan dengan cepat, tetapi harus ada sejumlah pertimbangan agar susunan kabinet yang dihasilkan juga dapat berkualitas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menkeu Ajak Pengusaha Sama-Sama Jaga Ekonomi Indonesia

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak para pengusaha untuk

Cadangan Devisa Akhir Januari 2019 Cukup Tinggi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia cukup tinggi