Wapres Tolak Rupiah Disebut Buruk

Thursday 22 Aug 2013, 2 : 36 pm

 JAKARTA-Kondisi rupiah yang terus bergejolak tidak lebih bagus dibanding negara lain. Namun rupiah  dinilai masih lebih baik dibanding mata uang negara-negara yang ekonominya kuat seperti Yen Jepang, Rupee India, dan Rand Afrika Selatan. “Kita tidak lebih buruk dari itu. Kita mungkin sedikit lebih buruk dari Singapura, Malaysia,” kata Wakil Presiden Boediono di Jakarta, Kamis ( 22/8)

Yang jelas, Boediono menolak saat rupiah disebut melemah. Jangan disebut rupiah kita melemah. “Yang benar, yang lebih pas adalah dollar Amerika Serikat menguat terhadap semua mata uang, tidak hanya rupiah loh. Itu lain sekali, implikasi policy-nya lain. Jadi jangan sampai kita salah mendefinisikan masalah,” ucap Boediono.

Boediono menambahkan, dollar AS menguat lantaran ekonomi Amerika sudah membaik. Dollar AS yang dulunya ditempatkan di banyak negara, kata dia, kemudian kembali ke kandangnya yang kondisinya lebih bagus. “Suplai dollar AS di negara-negara lain, termasuk negara kita akhirnya tersedot ke sana. Kan supply dan demand. Akhirnya harganya cenderung naik,” kata Boediono.

Guru besar FE UGM ini menambahkan, pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya tentu tidak akan membiarkan situasi saat ini. **can 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ada Aplikasi JDIH, Setjen DPD: Dokumen Produk Hukum Tergitalisasi

JAKARTA-Sekretariat Jenderal DPD RI melakukan launching aplikasi Jaringan Dokumentasi dan

Industri Tekstil dan Alas Kaki Ditargetkan Naik 6,3%

SOLO-Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) merupakan salah satu sektor