Waskita Karya Optimis Restrukturisasi Efektif di Semester I 2024

Kamis 16 Mei 2024, 4 : 29 pm
by
PT Waskita Karya (Persero) Tbk

JAKARTAPT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan proses restrukturisasi keuangan dapat efektif di semester I 2024 sebagai upaya untuk meningkatkan performa perusahaan.

Saat ini, WSKT sudah mendapatkan seluruh persetujuan dari 21 perbankan Himbara maupun swasta.

Selain itu, untuk mencapai pertumbuhan yang bekerlanjutan, WSKT juga telah menerapkan Grand Strategy sebagaimana yang tertulis pada Rencana Jangka Panjang Perseroan (RJPP) 20202024 dengan cara melakukan diversifikasi pendapatan, peningkatan efisiensi, pengelolaan Pendanaan, peningkatan kapabilitas internal, dan pengendalian risiko usaha.

SVP Corporate Secretary WSKT, Ermy Puspa Yunita, menjelaskan, Perseroan saat ini tengah fokus melakukan komunikasi dengan seluruh stakeholders untuk meraih persetujuan skema restrukturisasi dari para Pemegang Obligasi maupun perbankan.

Seluruh perbankan Himbara dan swasta secara prinsip telah menyetujui skema restrukturisasi. Selain itu, Perseroan juga telah mendapat persetujuan atas 3 seri Obligasi NonPenjaminan. Berkat hal itu, PEFINDO menaikkan peringkat obligasi Waskita dari posisi idD menjadi idB. Hal ini menjadi pendorong optimisme Perseroanu ntuk dapat memulihkan kinerja perusahaan, jelas Ermy dalam keterangan resmi, Kamis (16/5/2024).

Waskita Karya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan tata kelola dan performa perusahaanmelalui 8 stream penyehatan keuangan. S

alah satunya dengan menerapkan code of conduct terkait pelarangan pegawai dan pengurus sebagai mitra bisnis didukung dengan whistleblowing system untuk mendeteksi pelanggaran lebih awal.

Selain itu, Perseroan juga melakukan sentralisasi procurement, engineering dan lean construction pada proyekproyek yang sedang berjalan, serta melakukan efisiensi beban biaya operasional serta reorganisasi untuk mendukung konsep lean office.

Selain dari sisi manajerial bisnis, pengelolaan SDM yang baik juga diharapkan dapat membantu transformasi bisnis yang dilakukan Waskita Karya.

Selama lebih dari 63 tahun beroperasi, Waskita Karya telah memberikan kontribusi positif terhadapinfrastruktur di Indonesia.

Saat ini, Perseroan tengah membangun hampir 100 proyek ongoing dan telah memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat melalui pembangunan jalan tol, realti, dan infrastruktur non jalan tol, seperti bendungan, pembangkit listrik, pipanisasi, dan lainlain.

Beberapa proyek besar Waskita Karya, antara lain Jalan Tol BekasiCawangKampung Melayu, Jalan TolC imanggisCibitung, Bendungan Tapin, Bendungan Raknamo.

Selain itu, Waskita Karya juga turut berkontribusi melalui 12 proyek IKN dengan total nilai kontrak mencapai Rp13,6 triliun dan untuk porsiWaskita sendiri sebesar Rp7,5 triliun

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Ace Oldfields Bidik Penjualan Naik 8,3% Jadi Rp175 Miliar pada 2024

JAKARTA – Manajemen PT Ace Oldfields Tbk (KUAS) membidik penjualan

Presiden dan Budayawan Sepakat Susun Kebijakan Makro Kebudayaan Indonesia

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menaruh perhatian yang sangat besar pada pengembangan