Waspadai Inflasi Menjelang Ramadhan

Jumat 30 Mei 2014, 5 : 08 pm
by

JAKARTA-Pemerintah diminta untuk tetap mewaspadai adanya lonjakan harga menjelang bulan ramadhan walaupun sampai saat ini harga kebutuhan pokok masih terkendali.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan sampai akhir bulan Mei kondisi harga kebutuhan pokok masih cukup terkendali. Namun dalam menghadapi bulan ramadhan pemerintah harus tetap memantau harga kebutuhan pokok dipasaran. “Sampai dengan minggu ini harga kebutuhan pokok masih terkendali tapi menjelang puasa kami mengusulkan pemerintah untuk hati-hati,”ujar Suryamin seperti yang dikutip dari laman ekon.go.id di Jakarta, Jumat (30/5).

Lebih lanjut ia mengatakan sepanjang pengamatan yang dilakukan BPS dari 21 komoditi penting bahan makanan, lebih dari 11 komoditi menunjukan stabil bahkan ada yang mengalami penurunan. Namun, memasuki bulan puasa harus tetap berhati-hati, karena selain masalah suplai juga bisa terkendala dari distribusi. “Laporan Menteri Pertanian suplai bagus, kalau dari distribusi mudah-mudahan membaik karena Kementrian Pekerjaan Umum sedang membangun Pantura, sehingga saatnya nanti akan bagus,” tuturnya.

Selain itu, sambung dia, yang perlu diperhatikan selain ketersedian bahan pangan juga adanya pengaruh kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), maupun kenaikan tarif angkutan laut. “Barang-barang diluar pertanian juga bisa berdampak itu yang harus dikontrol,”imbuhnya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Coca Cola Gelontorkan Dana Investasi USD20 Juta di Medan

MEDAN-Industri makanan dan minuman nasional semakin menguatkan daya saingnya dalam

Panitia Munaslub Golkar Perlu Gandeng KPK

JAKARTA-Pelaksaan Munaslub Partai Golkar harusnya mendapat perhatian ekstra ketat dari