XL Raup Pendapatan Rp21,4 Triliun

Thursday 6 Feb 2014, 4 : 36 pm
bisnis.com

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (XL) menegaskan kinerja keuangan  2013 mencapai Rp21,4 triliun.

Pendapatan layanan data jadi penyumbang terkuat, yakni sebesar 16% dari 2012.

“Layanan data menjadi layanan  kunci kontributor dengan kontribusi sebesar 23% dari total pemakaian pendapatan dibandingkan 20% dari tahun lalu,” kata Presiden Direktur XL,Hasnul Suhaimi, di Jakarta, Kamis, (6/02/2014).

Sementara pendapatan non-percakapan, kata Hasnul,  memberikan kontribusi sebesar 54% dari total penggunaan pendapatan, meningkat dari 50% tahun lalu.

“Kita menghadapi  tantangan berat di 2013. Hal ini  akibat dari pelemahan di pasar dari kompetisi. Namun, kita sanggup menstabilkan dan membawa perubahan arah perusahaan dan berlanjut dengan pencapaian pertumbuhan operasional selama 2013,” tambahnya.

Hasnul menambahkan traffic data juga tumbuh 142%, dengan total pelanggan data mencapai 33 juta pelanggan atau sekitar 54% dari total pelanggan XL.

Melalui kerjasama dengan Google, XL menawarkan Rumah Android untuk pengguna Android.

Android Starter Pack memberikan masa aktivasi kartu SIM yang lebih lama dan beragam aplikasi untuk memberi kemudahan dan mendorong penggunaan mobile data.

Selama 2013, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) sebesar Rp 8,7 triliun dengan marjin EBITDA sebesar 41% dan laba bersih sebesar Rp 1 triliun .

XL juga membelanjakan Rp 7,4 triliun dalam belanja modal yang menggunakan kombinasi dana internal dan hutang untuk terus berinvestasi pada jaringan infrastruktur data.

Selama tahun 2013, jumlah hutang XL meningkat menjadi Rp 17,8 triliun dari tahun sebelumnya Rp 13,5 triliun, dan hutang bersih/EBITDA meningkat dari 1.3x menjadi 1.9x.

Hasnul mengatakan pihaknya mengumumkan proposal untuk pembayaran dividen sebesar 40% dari laba yang dinormalisasi tahun 2013 untuk dibayarkan pada tahun 2014 setelah persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS berikutnya.

“Proposal ini sesuai dengan ketentuan dividen kita untuk rasio pembayaran minimum sebesar 30% dari laba yang dinormalisasi,” imbuhnya.

Don't Miss

Presiden Puji Kiprah Pagar Nusa Dibawah Kepemimpinan Gus Nabil

JAKARTA-Pemerintah mengapresiasi kiprah  pencak silat Nahdlatul Ulama (NU), Pagar Nusa

Kemendes PDTT Beberkan Capaian Kinerja 2018

JAKARTA-Pembangunan program transmigrasi gencar dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah. Berbagai