Zulhas: UMKM Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Sunday 7 Jul 2024, 11 : 31 pm
by
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melakukan diskusi dengan 100 pelaku UMKM di Rendang Asese, Padang, Sumatra Barat, Minggu (7 Juli 2024)

PADANG – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan, pemerintah mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas.

UMKM menjadi kunci Indonesia untuk menjadi negara maju.

“UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia karena menyumbang 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 90 persen tenaga kerja. Oleh karena itu, UMKM harus kita dukung agar naik kelas. Kalau UMKM bisa naik dan menyerbu pasar dunia, Indonesia siap menjadi negara maju,” ujar Zulkifli Hasan usai berkunjung dan berdiskusi dengan Pelaku UMKM di Rendang Asese, Padang, Sumatra Barat pada Minggu, (7/7).

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 pelaku UMKM yang berasal dari Kota Padang dan sekitarnya.

Baca juga :  Sunindo Pratama Menangkan Tender Pengadaan Casing Pertamina EP US$1,608 Juta

Dia mengajak berbagai pihak untuk bekerja sama memajukan UMKM.

“Kata kuncinya kerja sama. Pemerintah pusat dan daerah mendukung dan membina proses produksi UMKM. Pemerintah daerah melalui dinas perindustrian dan perdagangan diharapkan terus membina agar produk UMKM semakin berkualitas dan bisa diterima di luar negeri,” lanjutnya.

Sementara dalam diskusi, Ketua Umum PAN ini memaparkan upaya Kemendag dalam memajukan UMKM melalui kerja sama empat pilar.

Kerja sama ini terdiri atas pelaku UMKM, lokapasar (marketplace), ritel modern, serta perbankan dan lembaga pembiayaan ekspor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Raka

Adalah jurnalis dengan pengalaman kurang lebih 18 tahun di dunia jurnalistik. Fokus utamanya adalah pada liputan ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Paraga Artamida Terus Borong Saham Bumi Serpong Damai

JAKARTA-PT Paraga Artamida (PA), kembali memborong 6,791 juta saham PT

Pyridam Farma Tawarkan Obligasi Rp400 Miliar

JAKARTA-Manajemen PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) memulai penawaran umum Obligasi