BI: Penjualan Eceran Desember 2015 Meningkat

Wednesday 10 Feb 2016, 9 : 15 pm
by
Ilustrasi penjualan eceran/dok bisniskini.co.id

JAKARTA-Survei Penjualan Eceran mengindikasikan bahwa secara tahunan penjualan eceran menguat pada Desember 2015. Indeks Penjualan Riil (IPR) Desember 2015 tumbuh 10,4% (yoy), lebih tinggi dibandingkan 9,7% (yoy) pada November 2015.

Keterangan tertulis Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) menjelaskan pertumbuhan IPR Desember 2015 yang meningkat terutama didorong oleh pertumbuhan penjualan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Peningkatan penjualan diindikasikan sejalan dengan meningkatnya permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru serta liburan akhir tahun. “Secara regional, pertumbuhan penjualan eceran tertinggi terjadi di Bandung sebesar 28,6% (yoy),” seperti dikutip dari situs resmi BI di Jakarta, Rabu (10/2).

Disebutkan, pertumbuhan penjualan riil pada Januari 2016 diperkirakan meningkat (11,7%, yoy). Peningkatan pertumbuhan terjadi pada beberapa kelompok barang dengan peningkatan terbesar pada kelompok peralatan informasi dan telekomunikasi. Peningkatan tersebut didorong oleh munculnya beberapa varian produk baru pada awal tahun.

Survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada Maret 2016 diperkirakan menurun. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat sebesar 131,2, lebih rendah dari 144,8 pada bulan sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Reshuffle Bagian Dari Sistem Presidensil

JAKARTA-Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI Syarif Abdullah Al-Kadrie menegaskan langkah

Desa Makin Maju Zaman Jokowi

JAKARTA-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko