Luhut: Perkuat Daya Saing Melalui Sinergi UMKM-e-Commerce

Thursday 14 May 2020, 6 : 52 pm
by
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan

JAKARTA-Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diajak bergabung dalam platform penjualan secara digital. Langkah ini semata-mata agar UMKM bisa bertahan menghadapi pandemi virus corona (Covid-19).

Oleh sebab itu sekarang ada Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia untuk membeli produk dalam negeri yang didukung beberapa platform digital yakni Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek dan Grab.

Oleh sebab itu ada Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia untuk membeli produk dalam negeri yang didukung beberapa platform digital yakni Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek dan Grab.

“Bergabungnya UMKM ke platform digital akan memperkuat daya saing produk RI terhadap negara-negara lain,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Langkah-langkah sekarang itu, kata Luhut, pemerintah mulai promosikan ini, kerja sama semua lintas kementerian, ini semua pemain-pemain di dalam UMKM, pemerintah memfasilitasi untuk bisa semua masuk di dalam online ini.

Gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk #BeliProdukIndonesia merupakan upaya mendorong penjualan produk ekonomi kreatif atau produk UMKM lainnya ke platform online.

Luhut kembali menjelaskan bahwa UMKM merupakan pilar dari perekonomian di Indonesia serta memiliki peran penting.

Oleh sebab itu, dirinya berharap semua UMKM dapat bergabung bersama-sama memajukan kualitas serta produk Indonesia.

Ditambah lagi kata Luhut, pemerintah telah mengalokasikan dana buat pelaku UMKM sebesar Rp 34,1 triliun agar tetap bertahan di masa pandemi.

“Ayo ajak teman-teman yang lain, buatlah brand yang bagus. Anda bisa juga jadi pengusaha yang sangat terkenal dengan memanfaatkan platform ini. Pemerintah memberikan pelatihan dan pemerintah juga memberikan Rp34,1 triliun yang diberikan kepada UMKM ini,” ucapnya.

Sebagai Ketua Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dirinya merasa senang sekali dengan adanya platform online karena bisa membantu penjualan produk UMKM. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pilpres 2019, 2 Paslon Lebih Baik Daripada 3

Oleh: Emrus Sihombing Pendaftaran Paslon Pilpres 2019 sudah di depan

Pertumbuhan Uang Beredar Masih Melambat

JAKARTA-Pertumbuhan Uang Beredar dalam arti luas (M2) pada November 2013