90% Penikmat BBM Bersubsidi Orang Kaya

Wednesday 22 May 2013, 9 : 00 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Desain kebijakan subsidi bahan bakar minyak (BBM) selama ini ternyata salah arah karena kelompok penerima terbesar berasal menengah keatas atau orang kaya.  

“Siapa yang mengkonsumsi BBM terbesar selama ini? 90 persen adalah mobil pribadi dan sepeda motor. Sekitar 8 persen kendaraan umum. Karena itu, struktur subsidi ini harus dibenahi karena sudah tidak adil,” kata Mentri Keuangan, Chatib Basri di Jakarta, Rabu (22/5).

Karena itu, kata dia alokasi BBM bersubsidi harus didesain ulang agar benar-benar berpihak ke rakyat. Sehingga kalau dialokasikan kepada kelompok menengah kebawah yang berhak mendapatkan subsidi akan lebih baik.

Tanpa penyesuaian atau kenaikan harga BBM maka ada ancaman terhadap stabilitas makro yang pada akhirnya menganggu pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.  

“Defisit akan jauh lebih besar diatas 3 persen seandainya tidak dilakukan upaya-upaya yang tepat berkaitan dengan kebijakan subsisi BBM,” jelas dia.

Dalam pemaparannya, Chatib mengatakan, pemerintah mengalokasikan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM/BLT) sebesar Rp11,6 triliun. Program perlindungan sosial sebesar Rp12,5 triliun yang terdiri dari beras untuk orang miskin Rp4,3 triliun, beasiswa untuk siswa miskin Rp7,5 triliun dan program keluarga harapan Rp700 miliar.

“Tambahan dana untuk pembangunan infrastruktur dasar Rp6 triliun,” ucapnya.

Dia merincikan, perubahan asumsi makro ekonomi lainnya adalah inflasi diperkirakan akan mencapai 7,2 persen dari asumsi sebelumnya sebesar 4,9 persen. Indonesia Price Crude (ICP) menjadi USD108 per barel dari sebelumnya USD100/barel.

Nilai tukar ruiah terhadap dolar Amerika Serikat menjadi 9.600 dari sebelumnya 9.300. Lifting minyak di 2013 diperkirakan sebesar 840 ribu barel/hari, padahal asumsi sebelumnya 900 ribu barel/hari.

Lifting gas diasumsikan menjadi 1.240 ribu barel/hari setara minyak, sebelumnya 1.360 ribu barel/hari setara minyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ditanya Rencana Bertemu Megawati, Prabowo Tersenyum

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya

Sistem Non Tunai Dongkrak Wisata Daerah Tertinggal

JAKARTA – Daerah Tertinggal adalah daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya