Bantah Kritik Jokowi, Ini Klarifikasi Agus Marto

Tuesday 6 Oct 2015, 8 : 07 pm
by

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus DW Martowardojo akhirnya secara resmi melakukan klarifikasi terkait kritikannya atas rencana kebijakan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah. Menurutnya, pemberitaan itu tidak benar.

Dalam klarifikasinya, Agus DW Martowardojo, mengatakan secara prinsip justru mendukung wacana Pemerintah untuk menyesuaikan harga BBM, sepanjang tetap mempertimbangkan konsistensi terhadap kebijakan-kebijakan sebelumnya.

Agus juga menjelaskan koordinasi BI dengan pemerintah, khususnya otoritas fiskal, dalam beberapa bulan ini berjalan dengan baik. Sinergi kebijakan moneter fiskal ini sangat dibutuhkan demi menjaga stabilitas dan memulihkan kondisi perekonomian nasional. Langkah-langkah yang telah ditempuh tersebut juga mendapat apresiasi, baik dari pihak domestik maupun global. “Untuk mendorong perekonomian tumbuh lebih baik, serta mendorong reformasi struktural, perlu adanya kerja sama antara Pemerintah, BI, dan pihak terkait lainnya,” tegas Agus dalam klarifikasi tertulisnya di Jakarta, Selasa (6/10).

BI jelasnya, mengapresiasi langkah-langkah Pemerintah dalam melaksanakan reformasi structural, seperti tercermin dari penyesuaian subsidi BBM pada November 2014, percepatan pembangunan infrastruktur dan subsidi bunga untuk UMKM. Untuk menjaga momentum pertumbuhan, reformasi struktural perlu terus dilakukan, walaupun kebijakan yang harus diambil cenderung tidak populer.

Gubernur BI juga memandang bahwa rencana penyesuaian harga BBM oleh Pemerintah saat ini masih berupa wacana. Namun, apabila langkah itu ditempuh, pesan yang harus dilihat adalah bahwa kebijakan tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat dan menyehatkan keuangan negara. Hal yang terpenting adalah memastikan adanya kredibilitas, yang dibangun melalui basis perhitungan teknis yang seksama, transparan, dan konsisten. “Dalam kaitan ini, BI mendukung langkah Pemerintah untuk melakukan penyesuaian harga BBM dengan perhitungan yang kredibel serta konsisten,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Perkirakan Pertumbuhan Kredit Triwulan IV 2015 Meningkat

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit baru akan semakin menguat

Presiden Minta Belanja Subsidi Harus Efektif Mengatasi Ketimpangan

JAKARTA-Presiden Joko Widodo meminta agar belanja subsidi dan bantuan sosial