BI Resmikan Gedung Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Friday 31 Aug 2018, 7 : 06 pm
by

PANGKAL PINANG-Bank Indonesia (BI) meresmikan gedung baru Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang, Jumat (31/8). Peresmian dilakukan oleh Deputi Gubernur BI , Dody Budi Waluyo, dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pejabat pemerintah, dan lembaga daerah setempat.

Berdirinya gedung KPw BI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang baru menjadi wujud komitmen BI dalam menjalankan peran dan tugasnya di daerah secara lebih optimal melalui penyediaan fasilitas yang lebih mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia. Hal ini sejalan pula dengan perkembangan ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berperan untuk turut memajukan perekonomian daerah dan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, salah satunya dengan turut mendukung strategi mendorong pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan penerimaan devisa,” ujar Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo dalam sambutan peresmian.

Sektor pariwisata Bangka Belitung sangat potensial, salah satunya Tanjung Kelayang di Pulau Belitung yang dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas nasional. Pengembangan KEK Tanjung Kelayang direncanakan menjadi kawasan terintegrasi yang perlu didukung bersama dan disinergikan dengan kebijakan lainnya untuk semakin meningkatkan investasi dan kinerja sektor pariwisata di Bangka Belitung.

Pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan II 2018 tercatat 4,51% (yoy). Pertumbuhan ekspor triwulan II 2018 tumbuh signifikan 10,79% (yoy) setelah sebelumnya kontraksi 2,35% (yoy), namun diikuti oleh impor yang meningkat tajam 87,79% (yoy), dari sebelumnya 52,80% (yoy).

Pangsa ekspor terbesar adalah timah (81,27%), dan pertumbuhan ekspor meningkat seiring dengan perbaikan harga timah dunia dan realisasi ekspor timah yang di triwulan sebelumnya sempat tertahan karena belum selarasnya peraturan ekspor tambang yang baru.

Dari sisi inflasi, inflasi Bangka Belitung triwulan II 2018 terkendali di 2,55% yoy, lebih rendah dibanding inflasi nasional 3,12%. Bangka Belitung juga memiliki potensi pariwisata yang besar, salah satunya adalah Tanjung Kelayang di Pulau Belitung yang dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dan merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas nasional.

Sebagai mitra strategis pemerintah daerah, KPw BI Bangka Belitung yang telah beroperasi 27 November 2014 hadir dengan menjalankan fungsi penuh yaitu pertama, advisory, komunikasi, dan koordinasi kebijakan; kedua, melakukan pengembangan ekonomi dan UMKM; ketiga, melakukan asesmen, statistik, survei, dan liason; dan keempat, operasional sistem pembayaran dan pengedaran uang rupiah.

Dalam kesempatan kegiatan peresmian juga diserahkan bantuan sosial BI kepada lembaga-lembaga pendidikan, kelompok ternak dan kelompok tani. Bantuan berupa penyediaan sumur bor, perlengkapan pompa air dan pembangunan dua asrama pondok penginapan santri diserahkan kepada Pondok Pesantren Nurul Falah. Sementara penyediaan sarana sanitasi untuk Pondok Pesantren Al Islam, dan penyediaan sumur bor diberikan kepada Pondok Pesantren Hidayatussalikin.

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, BI juga menyerahkan BI Corner kepada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kabupaten Bangka Tengah, dan beasiswa Perguruan Tinggi Negeri kepada Institut Agama Islam Negeri Syeikh Abdurrahman Siddik. Untuk mendukung kegiatan ekonomi, Bank Indonesia memberikan bantuan kepada beberapa kelompok ternak antara lain berupa kandang komunal, peralatan pendukung pengolahan dan rumah kompos, serta pembangunan balai pertemuan, peralatan penunjang usaha kepada kelompok tani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pasar Bebas Jadi Penafsir Nilai-Nilai Pancasila

TANGERANG-Pancasila saat ini hanya ditafsirkan menurut pasar bebas. Artinya nilai-nilai

Tumbuh 3,1%, Semen Indonesia Raih Laba Rp866 Miliar per Juni 2023

JAKARTA-PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) membukukan laba  Rp866,23 miliar (Rp128 per