BPJS Bantah RT dan RW Kelurahan Mekarjaya Sebagai Debt Collector

Tuesday 17 Sep 2019, 5 : 55 pm
by

DEPOK-Asisten Deputi Direksi Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik Wilayah Jabodetabek BPJS Kesehatan Basuki menegaskan para ketua RT dan RW di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat dikerahkan untuk turut serta dalam mendorong warga yang belum terdaftar dan mengimbau serta mengingatkan warga yang menunggak iuran BPJS Kesehatan agar dapat segera melakukan pembayaran iuran JKN-KIS.

“Kami tegaskan bahwa fungsi RT RW ini bukan sebagai debt collector. Mereka berperan dalam menyadarkan warga yang masih menunggak iuran BPJS Kesehatan untuk segera membayar serta mendorong mereka yang belum menjadi peserta untuk dapat menjadi peserta, “ungkapnya.

Menurutnya hal tersebut sesuai dengan Permendagri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa dan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 10 Tahun 2002 tentang Pedoman Pembentukan Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). ).

“Jadi perlu diketahui Kelurahan Mekarjaya sendiri didapuk sebagai Desa Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) oleh BPJS Kesehatan pusat.program Desa JKN ditujukan dan diharapkan untuk mampu menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kendala program JKN-KIS, khususnya aspek perluasan kepesertaan dan pendanaan, “tegas Basuki dalam acara Kopi Pagi JKN KIS di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (17/9/2019).

Diungkap Basuki, dalam rangka penyelenggaraan Program Desa JKN, BPJS Kesehatan saat ini melaksanakan kegiatan ujicoba pelaksanaan Desa JKN yang terdiri atas 19 desa/kelurahan di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya yaitu di Kelurahan Mekarjaya yang ada di wilayah Kota Depok.

Pada Kelurahan Mekarjaya sendiri tercatat terdapat tunggakan sebesar Rp6,2 Miliar dari 8300 peserta BPJS Kesehatan. Saat ini diungkapkan Basuki, para ketua RT dan RW aktif melakukan penyuluhan dan sosialisasi dalam berbagai forum seperti pengajian atau ketika rapat RT/ RW.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok Irfan Qadarusman mengatakan, sejauh ini respon yang didapat positif, dengan menggandeng RT dan RW maka penagihan akan lebih maksimal. Terdapat beberapa kompleks perumahan yang terbilang elit di wilayah Mekarjaya yang sebelumnya tidak bisa dimasuki oleh para kader JKN-KIS, kini bisa dimasuki dengan bantuan para ketua RT dan ketua RW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kawendra Mundur Sebagai Jubir Sandiaga Uno

JAKARTA- Juru Bicara Sandiaga Uno Kawendra Lukistian, yang telah bertugas

Bidik Industri Tumbuh 8 %, Investasi dan Ekspor Terus Digenjot

LABUAN BAJO-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap bekerja keras untuk mencapai target