Danamon Dukung Gerakan Indonesia Bebas Sampah Tahun 2020

67
Komisaris Independen Danamon Manggi T. Habir, (kiri) secara simbolis menyerahkan alat kebersihan pasar kepada Dra. Ratnaningsih, Direktur Keuangan dan Administrasi PD Pasar Jaya disaksikan Restu Pratiwi, Direktur Eksekutif dan Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli di Pasar Gondangdia, Jakarta, Minggu (21/2)

JAKARTA-Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) ikut berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Bebas Sampah Tahun 2020 dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Lebih dari 200 karyawan Danamon dan Adira (Adira Finance dan Adira Insurance) bersama dengan lebih dari 30 komunitas peduli sampah di seluruh Jakarta dengan didukung oleh Dinas Kebersihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya, menggelar kegiatan Peduli Lingkungan membersihkan sampah Pasar Benhil dan Pasar Gondangdia, Jakarta. “Sebagai korporasi dan individu, kami menyadari bahwa permasalahan sampah yang terjadi saat ini adalah permasalahan kita semua. Lebih dari 200 relawan yang terdiri dari komisaris, direksi, karyawan Danamon dan Adira di kantor-kantor wilayah di Jakarta dan sekitarnya berpartisipasi langsung membersihkan sampah di Pasar Benhil dan Pasar Gondangdia. Hal ini memperkuat peran kami sebagai katalisator untuk mendorong perbaikan kualitas kesehatan lingkungan pasar, sehingga menjadi ruang publik yang bersih, sehat dan nyaman,” jelas Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (21/2).

Hadir dalam aksi kerja bakti ini adalah Komisaris Independen Danamon, yaitu Manggi T. Habir dan Made Sukada. Hadir juga Muliadi Rahardja, Wakil Direktur Utama Danamon, Vera Eve Lim, CFO dan Direktur Danamon serta Ir. Lutfi Rachman, MM, Direktur Utama PD Pasar Jaya bersama jajaran pengurus PD Pasar Jaya.

Wakil Direktur Utama Danamon Muliadi Rahardja, mengatakan, kegiatan kerja bakti membersihkan sampah di pasar rakyat ini adalah bagian dari nilai korporasi Danamon, yaitu peduli terhadap lingkungan sekitarnya. “Hal ini juga menegaskan komitmen kami dalam mendukung dan melakukan aksi nyata untuk mencapai Indonesia Bebas Sampah di Tahun 2020,” terangnya.

Aksi kerja bakti dilatarbelakangi fakta bahwa hingga saat ini pasar rakyat masih menduduki urutan ketiga sebagai penghasil sampah terbanyak di Indonesia. Dalam kegiatan kerja bakti di Pasar Benhil dan Pasar Gondangdia, para relawan membersihkan sampah pasar serta melakukan pemilahan sampah organik dan sampah non organik. Khusus sampah non organik seperti botol plastik, kaleng, dan sebagainya akan dimanfaatkan menjadi produk daur ulang oleh bank sampah binaan Dinas Kebersihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan sampah organik akan dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA). Kegiatan ini turut melibatkan 70 relawan dari kalangan pedagang dan karyawan PD. Pasar Jaya.

Kepedulian Danamon terhadap lingkungan juga terwujud dalam kegiatan Danamon Recycle Paper Initiatives (DRPI) yang dilakukan Danamon Peduli sejak 2015 bersama beberapa kantor Danamon. DRPI adalah  bagian dari gerakan 3R, yaitu Reduce, Recycle dan Reuse atas sampah kertas yang dihasilkan dari kegiatan operasional perusahaan. Sampah kertas tersebut kemudian didaur ulang dan hasilnya digunakan kembali menjadi marketing collateral perusahaan seperti tas kertas (paper bag) dan sampul laporan tahunan perusahaan. Sepanjang bulan Februari 2016, Danamon Peduli telah mengumpulkan lebih dari 540 kilogram sampah kertas untuk didaur ulang.