Danamon Raih Sertifikat ‘ISO 22301: 2012 – BCMS’

31

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. berhasil meraih sertifikasi ISO 22301: 2012– BCMS, suatu pengakuan tingkat internasional untuk institusi yang mengedepankan prinsip perbaikan berkesinambungan dan penerapan sistem manajemen untuk kelangsungan usaha (Business Continuity Management System/BCMS). Dengan pencapaian ini, Danamon menjadi perusahan pertama di Indonesia dan perbankan pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan sertifikasi ISO tersebut dari British Standard Institution (BSI) Group Indonesia, suatu lembaga sertifikasi terkemuka dengan pengalaman lebih dari 100 tahun dan dengan demikian  telah terbukti dapat memenuhi standar internasional dalam bidang Business Continuity atau kelangsungan usaha. Hal ini menunjukkan kekokohan dan daya tahan Danamon dalam merespon segala ancaman, apapun penyebabnya. “Sertifikasi ini adalah hasil dari kerja keras kami dalam melakukan perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan terhadap kegiatan proses operasional perbankan, khususnya dalam memastikan kelangsungan usaha perusahaan. Kami yakin, dengan sertifikasi internasional ini, kepercayaan nasabah terhadap Danamon akan semakin meningkat,” kata Direktur Operasional Danamon, Muliadi Rahardja di Jakarta, Kamis (4/7).

Sertifikasi internasional program ISO 22301: 2012 – BCMS ini pertama kalinya diraih Danamon setelah melalui audit oleh tim auditor dari BSI Group, yang merupakan salah satu lembaga sertifikasi terkemuka di dunia dan memiliki cakupan operasional di 120 negara. Mekanisme audit dilakukan dengan proses pendekatan pemenuhan standar mutu yang dipersyaratkan oleh ISO 22301: 2012 – BCMS, seperti didalamnya mencakup pemenuhan kepatuhan terhadap peraturan regulator, produk dan jasa, komitmen manajemen, serta fungsi pendukung lainnya yang menunjang kelangsungan usaha Danamon.  “Pencapaian ini hanya merupakan awal dari perjalanan Danamon dan akan kami gunakan sebagai pondasi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Kami percaya dengan adanya penyempurnaan sisi operasional Danamon yang berkesinambungan, nasabah Danamon akan senantiasa mendapatkan manfaat dalam bentuk kenyamanan bertransaksi serta produk dan layanan yang lebih berkualitas,” tambah Satinder Ahluwalia, Direktur Integrated Risk Danamon.

 ISO 22301: 2012 – BCMS masih dikategorikan sebagai ISO premium karena merupakan standar ISO yang baru diterbitkan di pertengahan tahun 2012 dan belum banyak perusahaan yang berhasil meraih sertifikasi ini.