Energi Geothermal Tak Bisa Dikembangkan Semuanya

Friday 26 Sep 2014, 1 : 59 pm
Ilustrasi

JAKARTA-Sumber energi panas bumi yang melimpah di Indonesia ternyata tak semuanya bisa dikembangkan. Artinya tetap terbatas yang bisa dikembangkan. “Angka 29 ribu MW merupakan potensi. Tidak seluruhnya bisa dikembangkan,” kata anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Abadi Purnomo, Jumat, (25/09/2014)

Menurut Purnomo, berdasarkan kajian energi panas bumi hanya bisa dimanfaatkan sebesar 14 ribu mega watt (MW) dari total cadangan yang mencapai 29 ribu MW. Negara hanya bisa memanfaatkannya sebesar 50%. “Kira-kira 50% atau 14 ribu MW yang bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Dikatakan Purnomo,  potensi 29 ribu MW tersebut bisa saja dikembangkan dan bahkan melebihi ekspektasi. “Bisa saja termanfaatkan lebih banyak lagi,” terangnya

Sebelumnya, Direktur Konstruksi dan Energi Terbarukan PT PLN (Persero) Nasri Sebayang mengatakan, potensi panas bumi yang layak atau ekonomis dikembangkan saat ini hanya mencapai sekitar 6 ribu MW. Rincian proyek panas bumi yang ekonomis tersebut sudah masuk dalam program percepatan pembangunan pembangkit tahap dua.

Menurut dia, kualitas uap panas bumi juga tidak sebaik yang diperkirakan, sehingga mengurangi daya listriknya. Berdasarkan data Kementerian ESDM, terdapat 299 lokasi panas bumi dengan total potensi 28.807 MW.  Atau sekitar 40% dari potensi panas bumi dunia. Sementara, pemanfaatan energi panas bumi untuk listrik hanya 1.341 MW atau 4,6% dari potensi yang ada. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Reformasi dan Konsolidasi Fiskal untuk Menjaga Keberlanjutan Fiskal

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan pemerintah akan melakukan

Investasi Blok Masela Sangat Berarti Bagi Indonesia

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik selesainya negosiasi antara pemerintah